Pejalan kaki berjalan melintas di trotoar Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (13/9). MI/Bary Fathahilah.
Pejalan kaki berjalan melintas di trotoar Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (13/9). MI/Bary Fathahilah.

Pembangunan Era Anies Belum Merata

Nasional pemprov dki trotoar
Sri Yanti Nainggolan • 16 Oktober 2019 13:10
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah merevitalisasi 134 kilometer trotoar selama dua tahun kepemimpinannya. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menilai capaian itu masih kecil.
 
"134 km adalah angka yang kecil dibandingkan panjang trotoar yang ada. Bahkan beberapa jalanan belum difasilitasi dengan trotoar yang layak," kata juru bicara Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta Rian Ernest di Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2019.
 
Pada 2015, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Jakarta memiliki 540 kilometer trotoar. Jika dibandingkan, capaian Anies belum mencapai setengah jumlah total trotoar Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PSI melihat Anies hanya mempercantik beberapa wilayah tertentu seperti area Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman. Sementara masih terdapat trotoar rusak di Jalan Raya Munjul, Jakarta Timur.
 
Ernest juga menyorot konflik pejalan kaki dan pedagang kaki lima terkait legilasi area trotoar untuk berdagang. Anies dianggap tak tegas menyelesaikan masalah itu.
 
Ernest berharap Anies bisa bekerja lebih maksimal. Apalagi Anies masih memiliki anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).
 
"Seharusnya dengan jumlah staf pembantu sebanyak itu dapat menunjang kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan yang kita lihat sekarang," jelas Ernest.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif