Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

DKI Bangun Flyover Kembar Pertama di Lenteng Agung

Nasional jalan layang
Sri Yanti Nainggolan • 21 Oktober 2019 17:32
Jakarta: Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengungkapkan tiga proyek flyover dan satu underpass mulai dikerjakan tahun ini. Proyek itu adalahflyover Tanjung Barat, flyover Lenteng Agung, dan flyover Cakung serta underpass di Senen.
 
"Sekarang sudah sampai mau design konstruksi, nanti tahun depan baru konstruksi besar-besaran. Kan kita diberikan waktu multiyears," kata Hari di lingkungan Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.
 
Hari menjelaskan, konsep flyover Tanjung Barat dan Lenteng Agung berbentuk tapal kuda berlawanan. Dia menambahkan bakal dibangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di tengah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu akan jadi konstruksi yang belum pernah dilakukan di Jakarta. Akan buat kembar di Tanjung Barat atau Lenteng Agung," tambah dia.
 
Inisiatif konsep tapal kuda berdasarkan kajian mendalam. Dia menyebut banyak terjadi kecelakaan di daerah itu lantaran lintasan kereta.
 
Hari menambahkan keempat proyek itu tidak menjadi prioritas tahun ini dan tahun depan. Pasalnya, Dinas Bina Marga fokus merevitalisasi trotoar.
 
Kerja sama pembangunan tersebut berdasarkan lelang dan telah dimenangkan PT Jakon (flyover Tanjung Barat), PT PP (flyover Lenteng Agung), PT Adhi Karya (flyover Cakung), dan PT Modern (underpass Senen). Total biaya keempat proyek diperkirakan mencapai Rp500 miliar.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif