Air. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Air. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Pemprov Bakal Sediakan Air Bersih Gratis

Nasional kekeringan
Nur Azizah • 10 Juli 2019 14:13
Jakarta: Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta berencana memberikan layanan air bersih secara cuma-cuma untuk warga. Hal ini disiapkan dalam merespons wilayah Jakarta Utara yang dikabarkan mengalami krisis air bersih.
 
"Kalau warga kita yang siapin, itu sih kayaknya enggak bayar, gratis," kata Kepala Dinas SDA Juani saat dihubungi, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019.
 
Layanan air bersih ini berbentuk layaknya air isi ulang. Namun, kebijakan ini masih digodok di jajaran Dinas SDA dan PAM Jaya selaku penyedia baku air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti kita lagi lihat ada berapa penduduk, kita lihat kapasitas yang bisa dihasilkan. Misalnya, satu detik beberapa liter dan satu orang dapat berapa, itu kita lagi rencanakan," ungkap Juani.
 
Rencananya, program layanan air bersih ini akan dijalankan Agustus 2019. Hingga saat ini, layanan air bersih baru tersedia di Pulau Harapan, Pulau Panggang, Pulau Pramuka, dan sebagian di wilayah Muara Baru, Jakarta Utara.
 
Sebelumnya, Manajer Humas PAM Jaya Linda Nurhandayani mengatakan pihaknya menyiagakan 26 mobil tangki untuk daerah yang mengalami kekeringan. Rinciannya, lima tangki milik PAM Jaya, enam tangki milik Aetra, dan 15 tangki milik Palyja.
 
"Mobil tangki itu untuk keadaan emergency," kata Linda saat dihubungi, Jakarta, Selasa, 9 Juli 2019.
 
Baca juga: Warga Belum Merasakan Dampak Musim Kemarau
 
Untuk mengantisipasi kemarau panjang, PAM Jaya menambah cakupan layanan khususnya di daerah-daerah yang belum terjangkau air perpipaan. PAM Jaya juga tengah membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Hutan Kota.
 
"SPAM Hutan Kota yang akan mengaliri sebagian wilayah di Jakarta Utara dan Barat," ungkap dia.
 
Selain itu, PAM Jaya mencari sumber air baku lainnya seperti Kali Mookevart dan Kali Pesanggrahan. Sementara itu, puncak musim kemarau diperkirakan akan berlangsung hingga September 2019.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif