Maket revitalisasi Taman Ismail Marzuki. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
Maket revitalisasi Taman Ismail Marzuki. Foto: Medcom.id/Nur Azizah

Revitalisasi TIM Telan Biaya Rp1,8 Triliun

Nasional revitalisasi transisi taman ismail marzuki
Nur Azizah • 04 Juli 2019 06:41
Jakarta:PT Jakarta Propertindo menganggarkan Rp1,8 triliun untuk revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. Dana tersebut untuk pembangunan fase satu dan fase dua.
 
Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto mengatakan Rp200 miliar dana tersebut berasal dari Penyertaan Modal Daerah (PMD) DKI Jakarta tahun 2019. Ia berharap revitalisasi dapat rampung pada pertengahan 2021.
 
"Kami targetkan soft opening dilakukan Agustus 2021," ujar Dwi di TIM, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca Juga:PT Jakpro Kerjakan Revitalisasi TIM
 
Terkait desain, berasal dari sayembara pada tahun 2007 yang dimenangkan oleh arsitek Andra Matin. Sebelum mulai revitalisasi, PT JakPro menyelenggarakan diskusi grup terarah bersama Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta TIM, Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Yayasan Seni Budaya Jakarta, Akademi Jakarta, serta para Seniman.
 
"Kami juga menyelenggarakan dengar pendapat publik tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)" ucap dia.
 
Pembangunan akan dibagi menjadi dua tahap. Pembangunan tahap pertama meliputi revitalisasi Masjid Amir Hamzah yang berlokasi di area Plaza Graha Bhakti Budaya, Gedung Parkir Taman dan Pos Damkar.
 
Pembuangan tahap satu akan berlangsung dari Juli hingga Desember 2019. Sedangkan pembangunan tahap dua meliputi revitalisasi gedung perpustakaan dan Wisma TIM.
 
Waktunya sekitar Juli 2019 sampa Desember 2020. Setelah itu, PT JakPro juga akan membenahi area bekas kantor DPP angkatan 66 ARH hingga jajaran kantin.
 
Kemudian, renovasi Planetarium dan Graha Bhakti Budaya. Adapun pembuatan Pusat Seni Film, landscape dan hardscape akan dilakukan mulai Januari 2021 sampai Juni 2021.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif