Ratusan Petugas Dinsos Bantu Operasi Kependudukan
Ilustrasi pemudik. Foto: MI/Arizona Sudiro.
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar operasi bina kependudukan. Sebanyak 425 petugas Dinas Sosial akan membantu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mendata warga, utamanya pendatang baru yang tiba di Ibu Kota usai Lebaran 2018.

Kepala Dinsos DKI Jakarta Masrokhan mengatakan petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) akan membantu Disdukcapil dalam operasi Bina Kependudukan (Binduk) yang digelar mulai 10 Juli 2018.

"Kita punya 425 petugas P3S di seluruh wilayah. Mereka nantinya akan mendampingi para petugas Disdukcapil saat melaksanakan operasi Binduk," kata Masrokhan dikutip dari situs resmi Pemprov DKI, Beritajakarta.com, Kamis, 28 Juni 2018.


Baca: Usai Lebaran, Jumlah Penduduk Jakarta Diyakini tidak Naik Tajam

Ia menjelaskan, sejauh ini seluruh petugas P3S yang dimiliki Dinsos telah memiliki basis data wilayah yang rawan menjadi kantong-kantong tempat tinggal sementara warga pendatang.

"Petugas kita di wilayah juga memiliki pos penjagaan yang bisa disinergikan dengan program operasi Binduk," katanya.

Pada prinsipnya, sambung Masrokhan, Dinsos DKI Jakarta berkomitmen mengurangi jumlah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Jakarta. Terlebih dalam waktu dekat Jakarta akan menjadi tuan rumah  Asian Games 2018.





(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id