Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah

Anies Ogah Bahas Pencegahan Penyerahan Piala Presiden

Nasional piala presiden 2018
Nur Azizah • 19 Februari 2018 11:57
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak ingin memusingkan ihwal video pencegahan dirinya saat penyerahan Piala Presiden 2018. Dalam video yang beredar, tampak Paspampres mencegah Anies mendampingi Presiden Joko Widodo.
 
Dalam video yang berdurasi 14 detik itu terlihat Paspampres berbicara dengan Anies. Namun, Anies enggan membeberkan apa yang disampaikan pengawal Presiden.
 
"Kasian, petugas itu hanya menjalankan tugasnya. Jadi, enggak penting apa yang diomongkan," kata Anies di Kelurahan Petojo, Jakarta Pusat, Senin, 19 Februari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga saat ini, belum ada penjelasan dari pihak panitia mengenai pencegahan tersebut. Anies hanya tahu dari media.
 
"Saya baca di media saja. Sudah, yang penting Persija menang," tegas dia.
 
Sementara itu, Istana Kepresidenan tak menampik adanya pencegahan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat rombongan Presiden Joko Widdodo akan menyerahkan Piala Presiden 2018 kepada Persija Jakarta di Gelora Bung Karno.
 
(Baca juga:Anies Sebut Kemenangan Persija Hasil 17 Tahun Pemanasan)
 
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menegaskan nama Anies tak masuk dalam daftar pendamping Jokowi yang telah disiapkan panitia. Pencegahan oleh Paspampres murni merupakan prosedur pengamanan.
 
"Tidak ada arahan apa pun dari Presiden untuk mencegah Anies," tegas Bey, Minggu, 18 Februari 2018.
 
Ia menjelaskan acara tersebut bukan acara kenegaraan sehingga panitia tidak mengikuti ketentuan protokoler kenegaraan mengenai tata cara pendampingan Presiden oleh kepala daerah.
 
Bey menerangkan, selama pertarungan di lapangan bola berlangsung, Presiden dan Anies pun sangat menikmati jalannya pertandingan. Keduanya menonton dengan rileks, sangat informal, serta akrab. Presiden bahkan menyampaikan selamat dan menyalami Anies saat Persija mencetak gol.
 
Presiden, kata dia, mengikuti aturan panitia Piala Presiden 2018 saat penyerahan piala. Presiden harus menunggu semua hadiah diserahkan sebelum menyerahkan piala kepada sang juara Macan Kemayoran.
 
"Karena bukan acara resmi, Presiden juga masih perlu menunggu selama 15 menit di lapangan hingga selesainya pemberian penghargaan lain sebelum menyerahkan Piala Presiden kepada Persija," ucap dia.
 
(Baca juga:Maruarar Menduga Ada yang tak Senang Jokowi-Anies Kompak)
 

 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi