Ilustrasi--Ondel-ondel yang biasa digunakan untuk mengamen diletakkan di tepi jalan kawasan Pasar Gaplok, Kramat Senen, Jakarta Pusat--MI/RAMDANI.
Ilustrasi--Ondel-ondel yang biasa digunakan untuk mengamen diletakkan di tepi jalan kawasan Pasar Gaplok, Kramat Senen, Jakarta Pusat--MI/RAMDANI.

Pengamen Ondel-ondel Dimuliakan

Nasional pemprov dki budaya betawi ondel-ondel
Nur Azizah • 21 Desember 2018 17:06
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta akan memindahkan pengamen ondel-ondel dari jalanan ke tempat-tempat wisata. Rencananya, para pengamen akan diberi panggung dan waktu khusus untuk menampilkan keterampilannya.
 
"Nanti kita minta spot untuk tampil di situ, apakah dia mencari insentif dari tempat wisata itu atau dia diperbolehkan ngamen," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Asiantoro saat dihubungi, Jakarta Pusat, Jumat, 21 Desember 2018.
 
Asiantoro menyebut tak sembarang pengamen ondel-ondel bisa tampil. Mereka harus melewati pembinaan terlebih dahulu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita mau membina. Ondel-ondel yang lengkap yang diperbolehkan mengamen," ujar dia.
 
(Baca juga:Penertiban Pengamen Ondel-ondel Tugas Satpol PP)
 
Lengkap yang dimaksud Asiantoro ialah lengkap secara alat musik. Musik Betawi yang dibawakan tidak boleh hanya sebatas rekaman.
 
"Alat musiknya lengkap semua. Ada gendang dan kenong. Lalu, kalau grup-grup kesenian biasa kalau mengamen di Jakarta itu bisa personelnya bisa banyak. Mereka punya pakem," tutur dia.
 
Namun, kebijakan ini masih sebatas wacana. Asiantoro menyebut pihaknya masih melakukan fokus grup diskusi dengan Lembaga Kebudayaan Betawi untuk merealisasikan hal ini.
 
(Baca juga:Pengamen Ondel-ondel di Pusat Ibu Kota)

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif