Anies Emoh Stadion BMW Sekelas GOR
Warga melintas di lokasi pembangunan Stadion BMW, Sunter, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ngotot Stadion Bersih, Manusiawi, dan Berwibawa (BMW) dibangun PT Jakarta Propertindo. Pasalnya, dia tak mau stadion itu diurus layaknya gelanggang olahraga remaja (GOR).

"Kenapa saya menugaskan BUMD untuk melakukan? Satu, kita tidak ingin stadion ini seperti GOR, yang pemeliharaannya ala kadarnya," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin 19 November 2018.

Menurut dia, Stadion BMW harus dikelola secara bisnis. Dengan begitu, kandang klub Persija Jakarta itu bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya, seperti panggung kesenian hingga festival lainnya.


"Jadi itu adalah business to business. Kalau ada kegiatan dia bisa sewa di sana," imbuh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Dia menilai ada perbedaan pembangunan stadion yang dipegang pemerintah dengan BUMD. Pemerintah, kata dia, tak memiliki standar minimum dan asal membangun tanpa mempertimbangkan kualitas.

Baca: Ketua DPRD DKI: Stadion BMW Harus Ada

"Ketika pengelolaan di private, itu ada bottom line-nya, kalau di pemerintahan tidak. Di pemerintahan itu yang penting dikerjakan apa pun hasilnya bisa kemudian," pungkas dia.

Sementara itu, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menolak Stadion BMW dibangun PT Jakarta Propertindo. Ia ingin proyek dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga DKI.

Politiskus PDI Perjuangan itu menilai tarif sewa stadion lebih murah bila dibangun Dinas Olahraga melalui lelang. Hal itu berbeda bila dibangun PT Jakpro yang berorientasi komersial.





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id