Pelat Luar Jakarta Tak Terekam Tilang Elektronik

Siti Yona Hukmana 01 November 2018 14:43 WIB
sistem tilang elektronik
Pelat Luar Jakarta Tak Terekam Tilang Elektronik
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Yusuf---Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Mobil berpelat di luar B disebut tidak terkena tilang pelanggaran pada sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (e-TLE). Pasalnya, kamera itu hanya bisa membaca pelat Jakarta.

"Jadi, untuk pelat yang di luar pelat B masih belum terekam karena ini berkaitan dengan data kendaraan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Jakarta Selatan, Kamis, 1 November 2018.

Ia mengatakan kamera pengawas (CCTV) e-TLE hanya merekam database yang terdapat di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, yakni, pelat B. Di luar pelat itu Polda Metro belum memiliki database-nya.


"Tahun depan kita akan terkoneksi dengan korlantas. Korlantas Polri punya semua data kendaraan di Indonesia," ujar Yusuf.

Baca: Penindakan Tilang Elektronik Berlaku Hari Ini

Meski kendaraan berpelat luar Jakarta tidak terekam e-TLE. Yusuf memastikan jika kendaraan tersebut melanggar tetap akan ditilang. Penindakan dilakukan secara manual.

"Ada polisi di lapangan, kan sudah diberitahukan. Jam sekian ini kendaraan B sekian atau mungkin S atau L atau yang non-B. (Informasi ini) diberitahukan oleh anggota di lapangan. (Jadi penindakan dilakukan polisi lapangan)," kata Yusuf.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id