Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Yusuf---Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Yusuf---Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Pelat Luar Jakarta Tak Terekam Tilang Elektronik

Nasional sistem tilang elektronik
Siti Yona Hukmana • 01 November 2018 14:43
Jakarta: Mobil berpelat di luar B disebut tidak terkena tilang pelanggaran pada sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (e-TLE). Pasalnya, kamera itu hanya bisa membaca pelat Jakarta.
 
"Jadi, untuk pelat yang di luar pelat B masih belum terekam karena ini berkaitan dengan data kendaraan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Jakarta Selatan, Kamis, 1 November 2018.
 
Ia mengatakan kamera pengawas (CCTV) e-TLE hanya merekam database yang terdapat di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, yakni, pelat B. Di luar pelat itu Polda Metro belum memiliki database-nya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tahun depan kita akan terkoneksi dengan korlantas. Korlantas Polri punya semua data kendaraan di Indonesia," ujar Yusuf.
 
Baca: Penindakan Tilang Elektronik Berlaku Hari Ini
 
Meski kendaraan berpelat luar Jakarta tidak terekam e-TLE. Yusuf memastikan jika kendaraan tersebut melanggar tetap akan ditilang. Penindakan dilakukan secara manual.
 
"Ada polisi di lapangan, kan sudah diberitahukan. Jam sekian ini kendaraan B sekian atau mungkin S atau L atau yang non-B. (Informasi ini) diberitahukan oleh anggota di lapangan. (Jadi penindakan dilakukan polisi lapangan)," kata Yusuf.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi