Berharap Tuah di <i>Skybridge</i>
Skybridge Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Jakarta: Pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di trotoar Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat berharap mendapatkan tuah di lapak baru. Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) atau skybridge tak lama lagi rampung. 

PKL Tanah Abang, Ali Munasir, 45, mengaku lega telah mendapatkan lapak baru di kios berukuran lebar 1,5 meter, panjang 2 meter, tinggi 1,2 meter itu. Baginya, kepastian hukum kini ia dapatkan di lokasi yang strategis dekat gerbang penumpang Stasiun Tanah Abang. 
 
"Semoga pembeli yang biasanya belanja di tenda nanti semua ikut beralih ke atas (skybridge)," ujar Ali saat berbincang dengan Medcom.id, Minggu, 21 Oktober 2018. 

Ali mengaku telah melakukan undian lapak sebelumnya. Dari 446 lapak yang disediakan, ayah empat orang anak ini mendapat nomor kios 298. 


Ukuran lapak dinilai cukup untuk memajang produk. Stok barang bisa disimpan di gudang lama. 

"Ini proyek (skybridge) kan uang dari rakyat jadi jangan disia-siakan, kami semua pedagang berharap tetap mendapat penghasilan untuk jangka panjang," ujar dia. 

(Baca juga: Anies: Jangan Terlalu Semangat Menjelekkan Skybridge)

Ali tak keberatan harus membayar Rp500 ribu per bulan untuk kebersihan, listrik dan keamanan. Nilai itu, kata dia, masih terjangkau dibanding sewa satu toko resmi di Tanah Abang yang harganya mencapai Rp40 juta per tahun. 

"Pendapatan PKL di sini juga lumayan, saya saja sekarang sudah punya enam karyawan yang produksi barang dari rumah untuk diangkut ke sini," ujar pedagang tas selendang itu. 

Pantauan Medcom.id, Minggu, 21 Oktober 2018, bangunan jembatan dengan total proyek senilai Rp3,5 miliar itu nampak masih belum rampung sepenuhnya. Beberapa pekerja bangunan nampak sibuk mengelas, mengecat tiang baja serta memasang instalasi kelistrikan. 

Pagar pembatas di tepi Jembatan layang yang dibangun di atas lahan sepanjang 386,4 meter dan lebar 12,6 meter itu juga nampak masih belum banyak terpasang. Begitu pula dengan lampu penerangan yang dalam tahap finalisasi untuk bisa rampung sepenuhnya pada akhir bulan ini. 

(Baca juga: Skybridge tak Mampu Tampung Semua PKL)
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id