Pemprov Tambah 300 CCTV Pemantau Asian Games
Pemantauan melalui CCTV. Foto: Antara/Rivan Awal Lingga.
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menambah 300 unit kamera pengintai (CCTV) untuk menyambut Asian Games 2018. Namun, belum dipastikan di titik mana CCTV itu akan dipasang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno akan berkoordinasi dengan Kepolisian dan TNI. Tak hanya itu, Pemprov juga akan melibatkan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) untuk meletakan CCTV tambahan. 

"Kita pastikan titik-titiknya terkoordinasi juga dengan pihak kepolisian, agar tidak tumbang tindih dan tidak menghadap arah yang sama," kata Sandi di Kantor Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Mei 2018.


Kamera pengintai itu akan terhubung dengan live feed CCTV. Alat itu juga dapat mendeteksi wajah melalui teknologi face recognition.

Baca: Bappenas: Gangguan Teror tak Surutkan Agenda Asian Games

Sandi menyampaikan pihaknya tidak main-main dalam peningkatan pengamanan. Ia meyakinkan keamanan Asian Games di Jakarta dan Palembang terkendali.

Saat ini, jumlah CCTV yang terpasang di DKI Jakarta ada 7.070 unit. Jumlah tersebut merupakan pengadaan dari Bali Tower sebanyak 3.822 unit, IBS 744 unit, Iforte 706 unit, Mitratel 689 unit, Dinas Perhubungan 130 unit, dan Bitek 515 unit.

Dinas Pekerjaan Umum memiliki 130 unit, PD Pasar Jaya 8 unit, Dinas Sumber Daya Air 51 unit, dan Food Station 4 Unit. PT TransJakarta mempunyai 169 unit CCTV, Satuan Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Cilincing 16 unit, Pulogadung 7 unit, Menteng 16 unit, KPU DKI 4 unit.



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id