Awan tebal menyelimuti Jakarta. Foto: MI/Ramdani.
Awan tebal menyelimuti Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

Musim Kemarau Bukan Berarti Tiada Hujan

Nasional kekeringan
Theofilus Ifan Sucipto • 11 Juli 2019 07:33
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut turunnya hujan saat musim kemarau mungkin terjadi. Namun, curah hujannya tidak lebat.
 
“Ya tidak berarti (kalau musim) kemarau tidak hujan. Ada hujan tetapi sedikit,” kata Kepala Subbagian Hubungan Pers dan Media Dwi Rini Endra Sari alias Ririn kepada Medcom.id, Rabu, 10 Juli 2019.
 
Menurut dia, perubahan cuaca juga tergantung sebaran awan. Hal itu menyebabkan sejumlah daerah di DKI Jakarta mengalami potensi kekeringan lebih dulu, seperti Rawa Badak dan Rorotan, di Jakarta Utara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Setiap daerah memiliki tipe iklim yang berbeda,” imbuh dia.
 
BMKG, lanjut Ririn, terus memantau kondisi di Jakarta termasuk Rawa Badak dan Rorotan. Hingga akhir Juni, kata dia, wilayah Jakarta Utara sudah masuk dan tengah menghadapi musim kemarau.
 
“Wilayah timur laut termasuk Rawa Badak dan Rorotan akan mengalami puncak kemarau lebih dulu di bulan Juli sampai Agustus,” ujar Ririn.
 
Sebelumnya, BMKG memperkirakan puncak musim kemarau di wilayah DKI Jakarta akan berlangsung pada September 2019. Warga Ibu Kota diminta bersiap menghadapi kekeringan.
 
Baca: Pemprov Bakal Sediakan Air Bersih Gratis
 
"Kemarau di DKI Jakarta baru berjalan dua bulan (Mei-Juni), masih harus menyelesaikan sampai puncaknya di September," kata Kepala Staf Subbidang Analisis Informasi Iklim BMKG Pusat, Adi Ripaldi, Kamis, 4 Juli 2019.
 
Ripaldi mengatakan saat ini sudah ada wilayah di DKI Jakarta yang berstatus siaga kekeringan, terutama di Jakarta Utara. Berdasarkan monitoring hari tanpa hujan (HTH), dua wilayah di Jakarta Utara sudah masuk HTH sangat panjang.
 
"HTH di wilayah Jakarta sudah lebih 30-61 hari terjadi di Rawa Badak dan Rorotan," ucap Ripaldi.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif