Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (tengah) saat mengumumkan dua cawagub yang disetujui PKS dan Gerindra. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (tengah) saat mengumumkan dua cawagub yang disetujui PKS dan Gerindra. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

PKS dan Gerindra Sepakati Dua Cawagub DKI

Nasional Pengganti Sandiaga Uno
Sri Yanti Nainggolan • 20 Januari 2020 13:42
Jakarta: Partai Gerindra mengumumkan dua calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta. Kedua nama telah disetujui Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
 
Wakil Ketua Umum (Waketum) Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan surat keputusan soal cawagub yang sebelumnya diajukan sudah dicabut. Dua cawagub kemudian disodorkan.
 
"Nama yang telah dijadikan cawagub DKI yaitu satu, saudara Nurmansyah Lubis dari PKS dan kedua adalah saudara Riza Patria dari Gerindra," kata Dasco dalam konferensi pers di Ruang Fraksi Gerindra DPRD DKI, Senin, 20 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nurmansyah Lubis merupakan mantan anggota DPRD DKI dari PKS. Sementara itu, Riza Patria kini menduduki posisi ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra.
 
Menurut dia, surat usulan cawagub sudah diserahkan kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra DKI Jakarta untuk ditindaklanjuti. Surat usulan kemudian diajukan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Selasa, 21 Januari 2020.
 
Surat ini diteken Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik dan Sekretaris DPD Gerindra DKI Husni Thamrin. Perwakilan PKS yang meneken surat yakni Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo dan Sekretaris Umum DPW PKS DKI Agung Yulianto.
 
Ada juga tanda tangan dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani. Presiden DPP PKS Sohibul Iman dan Sekretaris Jenderal PKS Mustafa Kamal pun membubuhkan tanda tangan.
 
Kursi wagub DKI kosong sejak Agustus 2018. Jabatan wagub ditanggalkan Sandiaga Uno yang memilih mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.
 
Posisi wagub menjadi jatah Partai Gerindra dan PKS yang mengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2017. Namun, pemilihan wagub mandek di DPRD DKI.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif