Sebagian warga RT006 RW 007, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. (Foto: Medcom.id/Kautsar Prabowo)
Sebagian warga RT006 RW 007, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. (Foto: Medcom.id/Kautsar Prabowo)

Air Bersih di Jatipulo Hanya Mengalir Tengah Malam

Nasional krisis air bersih
Kautsar Widya Prabowo • 06 Juli 2019 19:03
Jakarta: Sebagian besar masyarakat RW007, Jatipulo, Palmerah, Jakarta Barat mengaku sulit untuk mendapatkan air bersih dari Perusahan Air Minum (PAM). Lantaran air PAM hanya mengalir lancar pada tengah malam.
 
Sri Wahyu, 54, salah satu warga di RT004 yang mengeluhkan minimnya air bersih. Ia mengaku baru dapat mengakses air bersih dari PAM pukul 24.00 WIB.
 
"Kalau jam 05.00 WIB air udah kecil lagi, kadang enggak keluar, nanti tengah malam baru keluar lagi," ujar Sri kepada Medcom.id, di Jatipulo, Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu, 6 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi tersebut pun memaksanya untuk begadang di tengah malam untuk menjaga kebutuhan air dirumahnya tetap terjaga. Terlebih ia menjadi salah satu warga yang mensuplai air bersih ke beberapa rumah warga, lantaran ia memiliki pompa air yang memperlancar keluarnya air PAM.
 
"Makanya saya sering begadang hingga jam 5 pagi, nungguin air untuk rumah-rumah orang yang ngontrak, giliran penuh jadi pules tidur," tuturnya.
 
Hal senada dialami oleh warga RT004,Puji, 52. Ia rela menunggu hingga tengah malam untuk mendapatkan air bersih.
 
"Di sini kalau mau dapat air bersih PAM ya tengah malam, kalau siang hari air yang keluar kecil, kadang-kadang enggak keluar," ujar Puji.
 
Kondisi tersebut pun diperburuk ketika diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Membuat air selokan yang berada didepan rumahnya, masuk kedalam saluran air PAM.
 
Baca:Warga DKI Kesulitan Air Bersih
 
"Yang ngeselin itu kalau udah nampung air di bak sampai pagi hari, tau-taunya airnya hitam kena air comberan," kesalnya.
 
Kondisi ini pun tidak jarang sudah dikeluhkan kepada pihak penyedia air bersih PAM. Namun, belum ada tindak lanjut secara pasti untuk menanggulangi kelangkaan air bersih.
 
"Laporan ke PAM yang pusat di Jakarta Pusat, ya enggak digubris. Padahal di sini itu penduduknya padat dan berbut air bersih," tuturnya.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif