Ilustrasi transportasi publik, TransJakarta. MI/Angga
Ilustrasi transportasi publik, TransJakarta. MI/Angga

PPKM Level 2 DKI, Operasional Transportasi Publik 100%

Hilda Julaika • 08 Maret 2022 11:49
Jakarta: Transportasi publik di Jakarta diizinkan beroperasi secara 100 persen. Ketentuan itu berlaku setelah status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) turun menjadi level 2.
 
"Transportasi umum diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 100 persen," seperti tertulis dalam aturan yang tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 15 Tahun 2022 tentang PPKM di Jawa dan Bali yang diteken pada Senin, 7 Maret 2022.
 
Transportasi umum yang dimaksudkan, yakni kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, hingga pesawat terbang. Namun, penumpang transportasi umum harus menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penurunan status PPKM menjadi level 2 dengan pertimbangan situasi penyebaran covid-19 yang kian membaik. Selain itu, capaian vaksinasi covid-19 kian naik.
 
“Penurunan level kabupaten/kota dari level 3 menjadi level 2, dengan capaian total vaksinasi dosis dua minimal sebesar 50 persen dan capaian vaksinasi dosis dua lanjut usia di atas 60 tahun minimal sebesar 40 persen,” bunyi aturan tersebut.
 
Baca: PPKM Jabodetabek Jadi Level 2, Ini Ketentuan Aktivitas Masyarakat
 
Aturan terbaru PPKM level 2 di wilayah Jakarta berlaku mulai 8 Maret hingga 14 Maret 2022. Ketentuan soal kapasitas transportasi ini juga berlaku untuk wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dengan status PPKM level 2.
 
Sebelumnya, saat PPKM level 3, kapasitas transportasi umum di Jabodetabek dibatasi dengan kapasitas maksimal 70 persen. Hanya pesawat terbang yang bisa beroperasi dengan kapasitas 100 persen.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif