Ilustrasi. Pedagang Pasar Rawa Kerbau, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, melayani pembeli. Medcom.id/Christian
Ilustrasi. Pedagang Pasar Rawa Kerbau, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, melayani pembeli. Medcom.id/Christian

5,5% Pedagang di Pasar Jakarta Positif Covid-19

Nasional dki jakarta Virus Korona
Putri Anisa Yuliani • 14 Juli 2020 10:03
Jakarta: Dinas Kesehatan DKI Jakarta aktif melakukan tes usap (swab) kepada pedagang di pasar tradisional. Dinkes DKI menemukan 5,5 persen dari sekitar 9.000 pedagang pasar positif covid-19.
 
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyebut pasar dengan pedagang terbukti positif covid-19 ditutup untuk penyemprotan disinfektan untuk sterilisasi. Penutupan dilakukan dengan dua metode, penutupan seluruh pasar dan penutupan sebagian.
 
"Misalnya satu blok tempat pedagang yang terpapar covid-19 yang ditutup," ujar dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, data Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mencatat 81 pedagang pasar tradisional di Jakarta positif covid-19 dari hasil tes swab sejak 26 Juni hingga 12 Juli 2020. Ikappi telah meminta semua pihak, khususnya pemda dan pengelola pasar, lebih aktif melakukan edukasi tentang bahaya covid-19.
 
"Pada kurun waktu bulan juni 2020 kami lihat bahwa ritme peningkatan teridentifikasi lebih tinggi dibanding bulan bulan sebelumnya. Padahal protokol kesehatan terus di galakkan di pasar-pasar," kata Ketua Bidang Infokom DPP Ikappi Reynaldi Sarijowan.
 
Ikappi terus menerima informasi soal ketidakpercayaan publik terhadap bahaya covid-19. Ini yang menjadi faktor utama peningkatan covid 19 di pasar.
 
Disinformasi berkembang khususnya di pedagang pasar dan pengunjung. Ikappi berharap edukasi dilakukan secara terus menerus agar penyeberan covid-19 tidak terjadi di pasar tradisional.
 
"Kedua, mendorong keterlibatan pedagang dalam proses kebijakan yang diambil atau protokol kesehatan yang di lakukan di pasar," tegasnya.
 

(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif