Ilustrasi Ancol. Medcom.id
Ilustrasi Ancol. Medcom.id

Reklamasi Ancol, Anies Dinilai Langgar Janji

Nasional pemprov dki Taman Impian Jaya Ancol
Sri Yanti Nainggolan • 29 Juni 2020 12:33
Jakarta: Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melanggar janji kampanye dengan melakukan perluasan pada kawasan Dunia Fantasi (Dufan) dan Taman Impian Ancol Timur, Jakarta Utara. Secara hukum, reklamasi Ancol dinilai tak tepat.
 
"Tentu ini menjadi catatan ketidakcakapan dalam membuat rencana pembangunan Jakarta," ujar Gilbert saat dihubungi, Senin, 29 Juni 2020.
 
Gilbert mengingatkan Anies pernah ingkar janji soal tak akan menggusur warga Sunter, namun yang terjadi sebaliknya. Begitu juga dengan penghentian reklamasi Teluk Jakarta yang kenyataannya sudah berjalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Gilbert, reklamasi Ancol seharusnya menunggu keluarnya peraturan daerah (perda) terlebih dahulu. Jika tidak, pembangunan masuk dalam kategori pelanggaran dan harus dihentikan.
 
"Juga harus jelas peruntukan tanah dan bangunan di tempat reklamasi," ujar dia.
 
Gilbert mengatakan PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA) juga tak pernah membahas reklamasi Ancol. "Mereka tidak singgung, jadi terasa ganjil, kenapa tidak terbuka," kata dia.
 
Politikus PDI Perjuangan itu menilai kesepakatan reklamasi Ancol tidak sah secara hukum. Rencana ini juga tak pernah dibahas dalam rapat bersama DPRD DKI.
 
"Harusnya produk hukum yang dipakai perda," tegas dia.
 
Baca: Anies Terbitkan Izin Perluasan Ancol dan Dufan
 
Anies memberi izin pelaksanaan perluasan kawasan rekreasi Dufan seluas kurang lebih 35 hektare dan kawasan rekreasi Taman Impian Ancol Timur seluas kurang lebih 120 hektare. Izin tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 237 Tahun 2020, ditandatangani Anies pada 24 Februari 2020.
 
"Daratan seluas lebih kurang 20 hektare yang sudah terbentuk berdasarkan perjanjian kerja sama antara Pemprov DKI dengan PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA) pada 13 April 2009 merupakan bagian dari rencana perluasan kawasan Ancol Timur seluas lebih kurang 120 hektare," tulis Anies dikutip dari Kepgub nomor 237 tahun 2020, Jumat, 26 Juni 2020.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif