DKI Bebaskan Pajak pada Atlet Penerima Bonus

Nur Azizah 10 September 2018 22:12 WIB
pemprov dkiasian games 2018
DKI Bebaskan Pajak pada Atlet Penerima Bonus
Balai Kota DKI Jakarta. Foto: MI/Arya Manggala.
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta bakal membebaskan pajak pada atlet DKI yang menerima bonus. Pajak yang dibebaskan sebesar 20% dari bonus yang mereka terima.

"Setelah dipertimbangkan dengan Pak Gubernur kami tidak jadi menambahkan bonus. Yang kami kasih hanya Rp300 juta dan pajak yang ditanggung pemerintah," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Ratiyono di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 10 September 2018.

Kebijakan ini juga berlaku pada atlet DKI yang akan berlaga di Asian Para Games Oktober mendatang. Semula, Pemprov DKI Jakarta berniat menaikkan bonus atlet peraih emas dua kali lipat, dari Rp300 juta menjadi Rp750 juta.


Namun, rencana itu batal lantaran Gubernur sudah terlanjur mengeluarkan Pergub Nomor 1203 Tahun 2018 tentang Satuan Biaya Kegiatan Keolahragaan dan Kepemudaan serta Penghargaan Prestasi Olah raga dan Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta. Dalam Pergub itu disebut, atlet peraih medali emas mendapatkan Rp300 juta, perak Rp150 juta, dan perunggu Rp90 juta.

Para atlet peraih medali juga mendapat kesempatan untuk menjadi PNS, baik PNS DKI maupun Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sedangkan atlet DKI yang tidak mendapat medali akan diberikan uang saku Rp7,5 juta.

Baca: DKI Batal Menaikkan Bonus Atlet Asian Games

Perubahan jumlah bonus yang akan diterima atlet berdampak pada anggaran di APBD Perubahan 2018. Sebelumnya, Disorda DKI menganggarkan Rp35 miliar lalu berkurang manjadi Rp17,99 miliar.

"Anggaran berkurang karena jumlah bonus tidak jadi naik dan jumlah atlet yang kita prediksi sekian ternyata tak sesuai," pungkas Ratiyono dalam rapat Badan Anggaran.



(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id