NEWSTICKER
Ilustrasi Balai Kota DKI Jakarta. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Ilustrasi Balai Kota DKI Jakarta. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Tim Tanggap Covid-19 DKI Dibubarkan

Nasional Virus Korona
Cindy • 18 Maret 2020 07:56
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membubarkan Tim Tanggap Covid-19 DKI Jakarta. Pembubaran untuk menyelaraskan dengan pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 oleh pemerintah pusat.

"Gugus Tugas itu diketuai Kepala BNPB (Doni Monardo) dan sesuai dengan Keppres Tahun 2020 maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI juga menyesuaikan," kata Asisten Bidang Kesejahteraan (Askesra) Sekretaris Daerah DKI Jakarta Catur Laswanto di Pendopo Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 17 Maret 2020.
 
Pemprov DKI membentuk Tim Tanggap Covid-19 DKI berdasarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 291 Tahun 2020 tentang Tim Tanggap Covid-19 Provinsi DKI. Anies kemudian meneken Peraturan Gubernur Nomor 328 Tahun 2020 tentang pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta.
 
"Sehingga dengan kerja demikian maka Tim Tanggap Covid-19 DKI melebur kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di DKI," tutur Catur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca: Anies Rajin Koordinasikan Penanggulangan Korona dengan Pemerintah Pusat)

Catur menuturkan tugas pokok tim tetap sama, yakni memerangi penyebaran virus korona. Namun secara keanggotaan mengalami perubahan.
 
"Kalau semula di Tim Tanggap diketuai saya selaku Askesra provinsi DKI Jakarta. Saat ini ketua gugus tugas percepatan penanganan covid di DKI Jakarta diketuai oleh Pak Sekda DKI Saefullah," ujar dia.
 
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di DKI tak hanya diisi jajaran Pemprov DKI. Tim juga berisi jajaran TNI-Polri dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).
 
"Ada juga Koarmabar (Komando Armada), Kejaksaan Tinggi dan Pengadilan Tinggi ikut bergabung. Serta ada unsur lebih luas dari masyarakat yang mewakili dari asosiasi kesehatan kemudian asosiasi media dan kehumasan," ujar Catur.
 
Catur berharap dengan peleburan ini penanganan penyebaran virus korona di Ibu Kota lebih cepat.


 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif