Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono. Foto: Medcom.id/Damar Iradat

Tiga Fraksi Kirim Perwakilan Pansus Wagub DKI

Nasional Pengganti Sandiaga Uno
Theofilus Ifan Sucipto • 03 Mei 2019 15:14
Jakarta: Sebanyak tiga dari sembilan fraksi di DPRD DKI sudah mengirimkan wakil untuk menjadi panitia khusus (pansus) pemilihan calon wakil gubernur DKI. Fraksi tersebut yakni PDI Perjuangan, Gerindra, NasDem, dan Hanura.
 
Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono mengatakan pihaknya menyerahkan tujuh nama untuk masuk pansus. Mereka antara lain Wakil Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI, Pantas Nainggolan; Sekretaris Fraksi PDIP DPRD DKI, Dwi Wijayanto Rio Sambodo; dan Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI, William Yani.
 
"PDIP sudah menyerahkan dan ada tujuh nama," kata Gembong saat dihubungi, Jakarta, Jumat, 3 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gerindra sebagai salah satu partai pengusung cawagub DKI juga sudah mengirim perwakilannya. Ada tiga orang yang bakal mewakili Gerindra di pansus.
 
"(Yang menjadi wakil) ada saya, Iman Satria (Wakil Ketua I Fraksi Gerindra), dan satu lagi saya lupa," kata Anggota Fraksi Gerindra, Syarif.
 
Syarif memastikan pembahasan cawagub ini tidak akan menunggu hasil penetapan calon presiden, dan calon wakil presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei 2019. Pembahasan pengganti Sandiaga Uno itu akan bergulir setelah penghitungan suara pemilihan anggota DPRD DKI rampung atau di atas 7 Mei 2019.
 
"Kita menghormati mereka yang masih memantau perhitungan di kecamatan karena masih ada yang sibuk memantau," ujar Syarif.
 
Baca:Pengganti Sandiaga Uno Dipilih usai Pemilu
 
Sementara itu, NasDem dan Hanura sudah jauh-jauh hari mengirim perwakilan di pansus cawagub DKI. Mereka mengirimkan masing-masing satu perwakilan.
 
"Hingga saat ini, baru dua nama yang mengirim perwakilan sebagai anggota pansus. Fraksi Hanura mengirim Ongen Sangaji dan NasDem mengiri Bestari Barus," kata Sekretaris Dewan DPRD DKI Muhammad Yuliadi di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis, 28 Maret 2019.
 
Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendorong proses pemilihan calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta dikebut. Mereka meminta fraksi di DPRD DKI Jakarta segera mengirimkan wakil untuk menjadi panitia khusus (pansus) pemilihan wagub DKI.
 
"Kita minta kepada pimpinan fraksi untuk mendorong anggotanya supaya segera terbentuk pansus," tegas Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi saat dihubungi, Jumat, 3 Mei 2019.
 
Suhaimi berharap pimpinan DPRD juga mendorong fraksi-fraksinya. Pembentukan pansus kemudian bisa dilanjutkan ke langkah berikutnya sampai tahap pelantikan.
 
Hingga saat ini, ada dua nama yang diusung partai Gerindra dan PKS untuk mengisi posisi wagub DKI. Mereka adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.
 
Keduanya merupakan kader PKS. Belakangan, nama Sandi disebut akan kembali menduduki kursi wagub DKI, mengingat Sandi diprediksi gagal menjadi wakil presiden versi hitung cepat. Namun, belakangan Sandi membantah hal tersebut.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif