Balai Kota DKI Jakarta. Foto: MI/Arya Manggala
Balai Kota DKI Jakarta. Foto: MI/Arya Manggala

Fitra Memereteli Anggaran 'Siluman' DKI

Nasional kisruh apbd dki
Candra Yuri Nuralam • 06 November 2019 17:50
Jakarta: Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas Fitra) mencatat beberapa anggaran belanja DKI Jakarta yang tidak masuk akal pada Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) DKI Jakarta 2020. Angka yang disodorkan melambung tinggi.
 
"Beli tenis meja Rp8,9 miliar. Ini yang mau dibeli 1.401 buah tenis meja dari Dinas Pemuda dan Olahraga Jakarta," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Seknas Fitra Misbah Hasan di Kantor Populi Center, Slipi, Jakarta Barat, Rabu, 6 November 2019.
 
Misbah juga menemukan anggaran aneh seperti pembelian gunting rumput yang sampai Rp491 juta dari Suku Dinas Kehutanan Jakarta Utara. Angka itu irasional untuk pembelian gunting rumput.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lalu ada juga buku folio untuk program wajib belajar 12 tahun, Rp78,8 miliar. Ini membeli 1.063.287 buah buku, Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan," ujar Misbah.
 
Anggaran terakhir yang paling aneh ialah pembelian Tipp-Ex yang memakan dana sampai Rp20 miliar. Dana itu dinilai berlebihan untuk pembelian penghapus cair untuk tinta.
 
Sebelumnya, Anggota DPRD DKI Fraksi PSI William Aditya Sarana menemukan kejanggalan penyusunan anggaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. William menemukan anggaran Rp82 miliar untuk pembelian lem Aibon dalam rancangan KUA-PPAS 2020.
 
"Kenapa lem Aibon dan kenapa angkanya besar sekali? Saya minta Gubernur (Anies Baswedan) jelaskan. Jangan buang badan ke anak buah," kata William di Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
William menilai Jakarta memasuki situasi kritis. Ia menilai ada banyak kejanggalan dalam proses penyusunan anggaran. Anggaran dinilai tak transparan. Politikus PSI itu menuding Anies lalai tak mengacuhkan tugasnya menyusun anggaran.'
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif