Warga membersihkan endapan lumpur sisa banjir di Kelurahan Rawajati RT 03/07, Jakarta. (Foto: MI/Bary Fathahillah)
Warga membersihkan endapan lumpur sisa banjir di Kelurahan Rawajati RT 03/07, Jakarta. (Foto: MI/Bary Fathahillah)

Anies Sebut Banjir Era Ahok Lebih 'Heboh'

Nasional banjir jakarta
Nur Azizah • 02 Mei 2019 10:52
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membandingkan banjir saat ini dengan masa kepemimpinan Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama. Anies menyebut banjir era Ahok lebih parah.
 
Pengungsi banjir tahun ini hanya sekitar 1.600 orang. Sedangkan zaman Ahok, banjir bisa membuat ratusan ribu orang mengungsi.
 
"Banjir yang kemarin itu bukan apa-apanya dibanding banjir yang pernah dialami Pak Basuki. Kalau sekarang yang mengungsi hanya 1.600 orang, dulu bisa sampai 200 ribu," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengakui banjir di zaman Ahok lebih besar ketimbang tahun ini. Banjir kali ini hanya terjadi di pinggiran, belum ke pusat kota.
 
"Kalau yang pekan lalu itu terjadinya di wilayah-wilayah sebelum masuk ke pusat kota. Jadi, memang banjirnya di bantaran sungai, karena ada air dari hulu," ungkap dia.
 
Baca juga:Anies Bandingkan Jumlah Pengungsi 2019 dengan 2015
 
Sebelumnya, Anies menyebut salah satu penyebab sedikitnya jumlah pengungsi tahun ini ialah air hujan di hulu bisa dikendalikan. Sedangkan dulu, air kiriman dari Bogor tumpah ke Jakarta tanpa bisa dikendalikan.
 
"Karena volume air dari hulu tidak dikendalikan. Jadi kalau dibandingkan sangat kecil dengan 2015 tapi kenapa keduanya terjadi? Karena air hujan di hulu tidak dikendalikan. Begitu hujan ya langsung mengalir," ujar dia.
 
Mantan Mendikbud ini pun akan bekerja sama dengan Kota Bogor untuk menambah kolam retensi. Salah satu hasil kerja sama dengan Kota Bogor ialah kolam retensi di Cibuluh, Bogor.
 
"Kalau itu dibuatkan waduk-waduk volume air yang turun akan terkendali. Itulah jangka pendek yang harus segera dituntaskan," pungkas Anies.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif