Sejumlah kendaraan melintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 27 Oktober 2020. Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
Sejumlah kendaraan melintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 27 Oktober 2020. Foto: Antara/Fakhri Hermansyah

Pemudik Diimbau Tak Bawa Saudara dari Kampung ke Jakarta

Nasional dki jakarta Virus Korona libur panjang
Cindy • 30 Oktober 2020 15:23
Jakarta: Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengimbau pemudik tak membawa saudara dari kampung ke Jakarta pada libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Saudara dari kampung biasanya dibawa untuk mengadu nasib di Ibu Kota.
 
"Tentu ini akan menimbulkan kepadatan karena saat ini memang Jakarta belum selesai dan sedang mengatasi wabah (virus korona)," ucap Syafrin saat dihubungi, Jumat, 30 Oktober 2020.
 
Syafrin mengatakan pandemi covid-19 di Jakarta belum masuk kategori aman. Pergerakan manusia yang cukup tinggi dapat meningkatkan penularan virus korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, kepadatan dapat terjadi di sejumlah tempat peristirahatan (rest area) saat arus balik ke Jakarta. Warga yang beristirahat di rest area cenderung dalam kondisi kelelahan.
 
Menurut dia, kecapaian membuat imunitas tubuh menurun. Kondisi tubuh yang tidak fit serta banyak orang berkumpul dalam satu waktu dapat meningkatkan potensi penularan virus.
 
Baca: 509 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta
 
Syafrin meminta pengelola jalan tol, rest area, dan petugas mengawasi ketat para pemudik. Salah satu titik yang harus menjadi fokus ialah pusat perkumpulan pemudik seperti musala dan toilet.
 
"Itu perlu ada petugas yang mengatur jumlah maksimal orang yang boleh beraktivitas di dalam (lingkungan rest area)," ujar Syafrin. 
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif