Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta Pusat. Foto: Nur Azizah/Medcom.id
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta Pusat. Foto: Nur Azizah/Medcom.id

4 Kesepakatan Komisi Pengarah dan DKI Terkait Revitalisasi Monas

Nasional Revitalisasi Monas
Nur Azizah • 05 Februari 2020 20:49
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka sudah memiliki kesepakatan terkait revitalisasi Monumen Nasional (Monas). Pertama, penataan kawasan selatan Monas harus sejalan dengan Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 1995.
 
Keppres tersebut menyebutkan sisi selatan Monas harus menjadi area terbuka. Dengan begitu, pengunjung yang datang bisa berjalan ke arah utara dan menghadap langsung ke Monas.
 
"Nah, di dalam Keppres ada gambaran umum lalu oleh perancang dibuat gambaran sesuai kondisi sekarang. Itu kesimpulan pertama," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 5 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, Komisi Pengarah mengizinkan Pemprov DKI menghijaukan kawasan selatan Monas. Kawasan selatan Monas selama ini digunakan untuk tempat parkir dan Lenggang Jakarta.
 
"Itu semua nanti akan menjadi kawasan hijau yang selama ini terbuka, itu justru menjadi hijau," ungkap dia.
 
4 Kesepakatan Komisi Pengarah dan DKI Terkait Revitalisasi Monas
Ilustrasi revitalisasi Monas, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga
 
Ketiga, tempat yang saat ini dirancang menjadi arena terbuka akan ditambahkan vegetasi di platter box. Pohon rindang juga akan ditanamkan di arena terbuka tersebut.
 
"Keempat, Pemprov DKI akan segera atau menggambar secara final untuk kemudian kesimpulannya disepakati oleh komisi Pengarah. Jadi, kesimpulannya seperti itu," pungkas Anies.
 
Ketua Komisi Pengarah Pratikno, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) Siti Nurbaya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Daerah Saefullah, Kepala Dinas Kehutanan Suzi Marsita, serta pemenang sayembara revitalisasi Monas Deddy Wahyudi turut hadir dalam rapat terkait revitalisasi Monas.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif