NEWSTICKER
Diskusi 'Nanti Kita Tentang Wagub Hari Ini' di kawasan Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/ Sri Yanti Nainggolan
Diskusi 'Nanti Kita Tentang Wagub Hari Ini' di kawasan Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/ Sri Yanti Nainggolan

Survei: AHY dan Sandi Dikira Cawagub Pendamping Anies

Nasional cawagub dki Pengganti Sandiaga Uno
Sri Yanti Nainggolan • 22 Februari 2020 13:04
Jakarta: Survei Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan (LKSP) menyampaikan sebagian besar warga Jakarta tak tahu dua kandidat calon wakil gubernur pendamping Anies Baswedan. Warga mengira nama Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kandidat calon wakil gubernur.
 
"Ditanya wagub siapa yang mereka jagokan, muncul nama Sandi (mantan Wagub DKI), Agus Harimurti Yudhoyono (Cagub DKI 2017), Tri Rismaharini (Wali kota Surabaya),"ujar peneliti LKPS Hafidz Muftisany dalam diskusi di Jakarta, Sabtu, 22 Februari 2020.
 
Dari hasil survei, hanya sekitar 61 persen warga Jakarta yang mengetahui ada proses pemilihan calon wakil gubernur DKI. Sisanya tidak mengetahui dan mengikuti proses yang terjadi di DPRD DKI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi hanya 61 persen responden yang mengetahui proses pemilihan wagub di DKI," ujar Hafidz.
 
Baca:Gerindra Tolak Ada Saksi Pemilihan Cawagub DKI
 
Survei: AHY dan Sandi Dikira Cawagub Pendamping Anies

Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani
 
Menurut dia, hasil tersebut tak menggembirakan. Pasalnya, untuk kota dengan tingkat literasi dan keterbukaan informasi yang baik seperti Jakarta, 39 persen warganya tak tahu ada proses politik di pemerintahan daerahnya.
 
Bahkan, dari 61 persen yang mengikuti prosesnya, tak semua dua kandidat cawagub Nurmasyah Lubis dari PKS dan Riza Patria dari Gerindra. Ingatan warga masih tertuju ke kandidat pada saat Pilkada DKI 2017 lalu.
 
Survei melibatkan 400 orang di 5 kota madya di DKI. Margin error sebesar 4,8-5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Metode yang digunakan modified probability sampling.
 
Kursi wagub DKI kosong sejak Agustus 2018. Jabatan wagub ditanggalkan Sandiaga Uno yang memilih mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.
 
Posisi wagub menjadi jatah Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengusung Anies-Sandiaga di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017. Namun, pemilihan wagub mandek di DPRD DKI.
 
Kader PKS Nurmansyah Lubis dan Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria pun disodorkan sebagai cawagub DKI. Keduanya bakal dipilih DPRD DKI medio Februari 2020.

 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif