Ilustrasi Formula E. Foto: AFP/David Delgado
Ilustrasi Formula E. Foto: AFP/David Delgado

Lintasan Aspal Formula E Diuji Coba Kendaraan Umum

Nasional Formula E
Cindy • 20 Februari 2020 10:52
Jakarta: PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menargetkan pengaspalan lintasan Formula E selesai Mei atau satu bulan sebelum ajang balapan dimulai. Lintasan aspal akan diujicobakan untuk kendaraan umum.
 
"Kalau bisa aspal itu dilewati oleh kendaraan yang lain dulu. Nanti publik bisa merasakan aspal mobil balap seperti ini. Tujuannya supaya itu lebih kuat lebih nempel jadi pada waktu hari H itu tidak ngelotok," ucap Direktur Utama Jakarta Propertindo, Dwi Wahyu Daryoto di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Februari 2020.
 
Pengaspalan bakal menimpa batu alam (cobblestone) yang terpasang di kawasan Monas. Dwi memastikan batu alam yang ditimpa bukan bagian dari cagar budaya. Uji coba pun bertujuan agar masyarakat bisa merasakan sensasi melewati lintasan aspal berstandar balapan dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan kemungkinan aspal balapan Formula E bakal bersifat permanen. Lintasan aspal yang rata dinilai lebih ramah disabilitas ketimbang batu alam.
 
"Kira-kira kalau kita punya saudara yang pakai kursi roda, nyaman tidak jalan di situ? Makanya saya konsisten saya bilang kalau boleh tidak diambil lagi tidak apa-apa karena bagus untuk difabel. Jadi teman-teman mau nyebrang ke Monas itu nyaman," ujar Dwi.
 
Dwi menuturkan pengaspalan dimulai setelah berkoordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan DKI. Serta mengantongi rekomendasi rekayasa lalu lintas dari Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.
 
Lintasan Aspal Formula E Diuji Coba Kendaraan Umum
Desain sementara lintasan Formula E di Monas. Istimewa.
 
Formula E akan berlangsung pada 6 Juni 2020. Olahraga yang berkembang pesat ini menampilkan mobil balap bertenaga listrik yang memiliki kemiripan dengan balap mobil jet darat Formula Satu.
 
Balapan akan berlangsung di Monas, Jakarta Pusat. Sirkuit balapan mobil ini diracang sepanjang 2,6 kilometer dengan 11 tikungan.
 
PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyiapkan infrastruktur penunjang untuk ajang Formula E. Salah satunya, cobblestone (batu alam) di sekeliling Monas akan dilapisi hotmix (aspal beton). Aspal untuk ajang Formula E di Jakarta pada 6 Juni 2020 ini bisa dibongkar pasang.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif