Ilustrasi Formula E. AFP/David Delgado
Ilustrasi Formula E. AFP/David Delgado

Formula E Dinilai Menunjukkan Komitmen Pengurangan Emisi

Insi Nantika Jelita • 22 Mei 2022 00:30
Jakarta: Balap mobil listrik Formula E yang digelar di Ancol, Jakarta, pada Juni 2022 disambut baik. Ajang tersebut dinilai menunjukkan komitmen pemerintah terkait transportasi ramah lingkungan.
 
"Hadirnya Formula E ini menjadi momentum awal pertumbuhan industri kendaraan listrik. Ini juga menunjukkan pemerintah concern terhadap pengurangan emisi," kata Kepala Pusat Studi Energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Deendarlianto dikutip dari Media Indonesia, Minggu, 22 Mei 2022.
 
Menurut dia, kompetisi ini menjadi simbol kick off penggunaan energi ramah lingkungan. Pemerintah berencana menyetop kendaraan berbahan bakar bensin pada 2040 dan fokus menggunakan kendaraan listrik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Sirkuit Formula E Jakarta Tinggal Penyempurnaan Sarana Prasarana Penunjang
 
Di sisi lain, dia menilai penyelenggaraan Formula E mesti maksimal karena dapat mempercantik wajah Indonesia di bidang pemodalan. Investor disebut bakal datang jika penyelenggaraan Formula E sukses.
 
"Kalau kita tidak menunjukkan concern soal itu, investor tidak akan masuk. Yang penting ada minatnya, momentumnya dibentuk lalu market berjalan," jelasnya.
 
Menurut dia, ke depan pemerintah perlu menyiapkan kepastian hukum soal kendaraan listrik dan infrastruktur terkait. Seperti menghadirkan stasiun pengisian mobil listrik atau charging station di banyak kota.
 
"Infrastruktur memang masih kurang Kalau baterainya habis charging di mana? Kan tidak banyak ya, palingan ada di kota besar. Ini harus diperhatikan juga," kata dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif