Tilang Elektronik Diuji Coba Oktober
Pengendara melintas di depan alat pendeteksi nomor kendaraan otomatis di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta. Foto: MI/Arya Manggala.
Jakarta: Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menguji coba sistem tilang elektronik (e-tilang) pada Oktober 2018. Uji coba seharusnya dijalankan bulan ini. 

"Rencana memang 22 September kita launching. Tapi, karena ada beberapa kegiatan Asian Games dan sebagainya, jadi kita undur lagi. Kemungkinan besar paling lambat Oktober harus bisa dilaksanakan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Yusuf saat dikonfirmasi, Jumat, 14 September 2018.

Menurut dia, uji coba diperlukan untuk mempermanenkan sistem e-tilang di Ibu Kota. Uji coba dilaksanakan selama sebulan. "Kita Oktober uji coba sambil sosialisasi. Satu bulan kemudian penerapan, penegakan," kata dia.


Baca: 3 Aplikasi Kemenhub untuk Urus Tilang hingga Perizinan

Nantinya, seperti kebijakan ganjil genap, penerapan sistem e-tilang dilakukan secara bertahap. Uji coba pertama dilakukan di Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat, sebagai percontohan.

"Alasannya (di Sudirman-MH Thamrin) terpantau oleh semua kalangan, semua lapisan masyarakat. Dan ini, jalan ini melalui jalan ini dari kota maupun luar kota melalui jalan ini," pungkas dia.




(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id