Ilustrasi kemacetan di Kemang, Jakarta Selatan--Medcom.id/Cindy
Ilustrasi kemacetan di Kemang, Jakarta Selatan--Medcom.id/Cindy

Kekhawatiran Warga Terkait Penataan Kemang

Nasional macet jakarta trotoar
Cindy • 10 April 2019 12:05
Jakarta: Revitalisasi kawasang Kemang, Jakarta Selatan, tak hanya menyasar pada pembatasan kendaraan. Kawasan ini juga bakal disulap menjadi surga pejalan kaki. Bakal ada revitalisasi trotoar selebar tiga meter dan panjang 7,5 kilometer.
 
Rencana bakal dimulai Mei 2019 dan diperkirakan selesai November. Sejumlah transportasi umum, seperti shuttle bus dan kantong parkir bagi masyarakat di luar kawasan Kemang.
 
Tanggapan beragam disampaikan warga terkait penataan Kemang. Salah satunya Temmy. Pegawai swasta ini khawatir rencana Pemprov DKI Jakarta ini menyulitkan masyarakat ke kawasan Kemang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kurang efisien, kalau mau ke Kemang harus menunggu berapa lama naik shuttle bus?" tanyanya.
 
Baca: Kata Warga soal Pembatasan Kendaraan di Kemang
 
Walau langkah tersebut dinilai mengurai kemacetan di Kemang, lanjut Temmy, lahan parkir yang disediakan di luar kawasan bisa menimbulkan kemacetan baru. "Kalau di Jalan Antasari, misalnya, ada lahan parkir, tetap juga bikin macet," tutur Temmy.
 
Hal senada diutarakan warga Kemang, Cita Fitria, 36. Menurutnya lahan parkir di luar kawasan Kemang bukan solusi. "Kalau ada kantong parkir, memang bisa mengurangi kemacetan di dalam. Tapi yang di luar kawasan malah terdampak (macet)," ucapnya.
 
Hal berbeda disampaikan Emir Hanif. Pegawai swasta ini mengaku senang dengan program prioritas pejalan kaki. Sebab masyarakat harus dibiasakan untuk berjalan kaki dan menggunakan transportasi umum.
 
"Enggak apa-apa biar Jakarta enggak macet. Itu salah satu langkah Pemprov DKI juga kan. Masyarakat harus biasa dan berpindah ke transportasi umum," tutur Emir.
 
Pemprov DKI Jakarta berencana merevitalisasi empat kawasan strategis, meliputi Kemang, Kuningan, Cikini, dan Senen. Untuk kawasan Kemang, revitalisasi meliputi penataan ulang trotoar dan pembatasan kendaraan. Di kawasan Kemang juga akan disediakan kantong parkir dan shuttle bus.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif