Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. ANT/Dhemas Reviyanto.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. ANT/Dhemas Reviyanto.

Anies Klaim Integrasi Antarmoda Urai Kemacetan

Nasional lalulintas
Nur Azizah • 18 Juni 2019 14:49
Jakarta: Tomtom Traffic Index merilis angka kemacetan di DKI Jakarta menurun dari 61 persen menjadi 53 persen selama 2018. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai angka kemacetan menurun karena integrasi antarmoda transportasi.
 
"Kalau transportasi publik terintgrasi mereka meninggalkan kendaraan pribadi. Dengan kendaraan pribadi berkurang maka traffic akan berkurang," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Juni 2019.
 
Anies menilai rute baru TransJakarta juga menjadi pendukung berkurangnya kemacetan. Rute 13 Ciledug-Tendean dinilai Anies paling fenomenal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Koridor 13 kemudian membuka rute baru 13C Ciledug-Tosari, 13B Ciledug-Pancoran, dan 13E Ciledug-Kuningan. Selain itu, PT TransJakarta juga banyak membuka rute non-BRT seperti Tanah Abang-Gondangdia, Tanah Abang-Pasar Senen, dan layanan bis gratis GR 1, Harmoni-Bundaran Senayan.
 
Baca: Sejumlah Faktor Menurunnya Kemacetan di Jakarta
 
"Kami juga menugaskan TransJakarta untuk menyambung dengan transportasi publik kereta api dan MRT sehingga jumlah kendraan pribadi berkurang," ungkap Anies.
 
Mantan Rektor Universitas Paramadina ini optimistis kemacetan di DKI Jakarta semakin berkurang di tahun 2019. Mengingat MRT dan LRT sudah beroperasi.
 
Selain itu, pembangunan jalan lintas atas dan lintas bawah pun dinilai menyumbang kelancaran arus lintas. Ada 10 jalan lintas atas dan bawah baru, yakni lintas atas Jembatan Tiga, Pancoran, lintas bawah Mampang-Kuningan, Matraman dan Salemba, Kartini, dan Santa. Lalu tiga lintas atas dibangun di jalan tak sebidang perlintasan kereta api.
 
Ketiganya yakni di Bintaro Permai, Cipinang Lontar, dan Jalan Panjang. Pembangunan jembatan dan terowongan ini dilakukan sejak 2016.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif