Ilustrasi pembangunan kawasan sungai. Dok. Media Indonesia
Ilustrasi pembangunan kawasan sungai. Dok. Media Indonesia

Jakpus Bangun Embung dan Kolam Olak Cegah Banjir

Nasional banjir jakarta pemprov dki Jakarta Banjir
Christian • 17 November 2020 11:14
Jakarta: Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Pusat (Jakpus) membuat dua embung dan sejumlah kolam olak karena kerap muncul genangandisejumlah wilayahsaat hujan. Proyek tersebut ditargetkan rampung akhir Desember 2020.
 
Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakpus Glen Santista mengatakan pembangunan embung dan kolam olak terus dikebut. Embung dibangun di kawasan Jalan Jayakarta seluas 600 meter persegi dan Jalan Mangga Besar seluas 100 meter persegi.
 
"Pengerjaan embung baru dimulai akhir Oktober 2020. Dua embung itu memiliki kedalaman 3 meter dan baru (selesai) 20 persen," ucap Glen saat dihubungi, Selasa, 17 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Ariza Pastikan DKI Tak Kendur Soal Pengendalian Banjir
 
Sebanyak 36 petugas dan satu eskavator dikerahkan untuk mengerjakan dua embung. Sudin SDA juga membuat lima kolam olak di sejumlah titik.
 
"Ada 2 di wilayah Kecamatan Sawah Besar di Jayakarta dan Mangga Besar. Di Kecamatan Cempaka Putih ada tiga titik," ucapnya.
 
Air yang ada di kolam olak akan disedot dengan pompa portabel untuk dibuang ke saluran besar. Pembangunan embung dan kolam olak ini diharapkan bisa mengurangi genangan dan mengantisipasi banjir di musim hujan kali ini.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif