Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Daerah Penyangga Jakarta Dipersilakan Terapkan Crowd Free Night dan Gage

Nasional DKI Jakarta Virus Korona Pemprov DKI sistem ganjil genap
Siti Yona Hukmana • 17 September 2021 20:22
Jakarta: Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran mempersilakan jajaran di kewilayahan menerapkan sistem crowd free night (CFN) atau malam bebas keramaian. Sistem itu untuk menekan penyebaran covid-19 di DKI Jakarta dan sekitarnya.
 
"Kemarin arahan Pak Kapolda menjelang operasi patuh yang akan kita jalankan pada 20 September nanti, para masing-masing polres itu dipersilakan mengatur dan melaksanakan di mana diperlukan adanya CFN," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 17 September 2021.
 
Kapolda juga mempersilakan Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) dan Kapolres setiap polres yang tersebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya menerapkan sistem ganjil genap (gage). Namun, harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Perhubungan (Dishub) di masing-masing wilayah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Misal kalau Depok mau bikin gage monggo, silakan tinggal nanti Polres Depok koordinasi dengan Dishub Depok dan instansi terkait di Depok. Begitu juga Tangerang Selatan, Tangerang Kota, Bekasi kota, dan Bekasi kabupaten, termasuk juga jajaran polres di DKI silakan," ungkap Sambodo.
 
Sambodo memastikan kapolda akan menyetujui bila wilayah itu kerap terjadi kerumunan. Dia mengingatkan jajaran di wilayah menyosialisasikan ke masyarakat apabila akan menerapkan sistem CFN dan gage.
 
Sambodo menyebut belum ada polres di daerah penyangga Ibu Kota mengajukan penerapan sistem CFN dan gage. Jajaran di kewilayahan masih membahas hal tersebut.
 
"Belum ada yang mengajukan. Saya baca laporan mereka masih rapat-rapat dulu," kata Sambodo.
 
Ditlantas Polda Metro Jaya menerapkan CFN setiap Sabtu, Minggu, dan hari libur mulai pukul 24.00-04.00 WIB. Sebelumnya, polisi memfilterisasi kendaraan mulai pukul 22.00-24.00 WIB.
 
CFN diterapkan di empat ruas jalan Jakarta. Yakni, Jalan Sudirman-MH Thamrin, SCBD, Kemang, dan Jalan Asia Afrika.
 
Sementara itu, gage diterapkan di tiga ruas jalan Jakarta. Yakni Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Rasuna Said.
 
Sistem gage diterapkan pukul 06.00-20.00 WIB. Sepeda motor, kendaraan pelat kuning, kendaraan TNI/Polri, kendaraan dinas pelat merah, kendaraan pembawa alat kesehatan, vaksinasi, tenaga kesehatan bebas dari aturan tersebut.
 
Kebijakan ini diberlakukan untuk membatasi mobilitas masyarakat Jakarta. Serta mencegah penyebaran covid-19 di Ibu Kota.
 
Baca: Langgar Ganjil Genap, 595 Kendaraan Ditilang
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif