Pekerja menunggu bus yang akan ditumpangi di trotoar. Foto: MI/Ramdani
Pekerja menunggu bus yang akan ditumpangi di trotoar. Foto: MI/Ramdani

Trotoar Berkonsep Jalan Komplet Menjamur di 2020

Nasional trotoar
Cindy • 05 Desember 2019 15:43
Jakarta: Dinas Bina Marga Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai merevitalisasi trotoar berkonsep complete street (jalan komplet) pada 2020. Dalam konsep ini, ruang jalan dibagi secara lengkap untuk beragam kebutuhan.
 
"Ada main road-nya, kemudian trotoarnya. Trotoarnya itu dibagi lagi ada untuk pejalan kaki, sepeda, jaringan utilitas, ada bangku taman, ada penerangan jalan umumnya," kata Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho di DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 5 Desember 2019.
 
Menurut dia, ada enam ruas jalan yang akan dibuat dengan konsep jalan komplet. Jalur ini meliputi Jalan MT Haryono, Gatot Soebroto, HR Rasuna Said, Casablanca, Pramuka, dan KH Hasyim Ashari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebar trotoar yang dibuat di ruas jalan tersebut berkisar 5,5 meter. Sementara itu, trotoar biasa hanya selebar 1,5 hingga 3 meter.
 
Sementara itu, pembangunan trotoar DKI untuk 2020 awalnya dianggarkan Rp1,2 trilliun. Usai pembahasan dengan anggota Komisi D DPRD, anggaran dipangkas menjadi Rp996 miliar. Sebanyak Rp300 miliar hingga Rp600 miliar digunakan untuk trotoar jalan komplet.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif