Kondisi Rusun KS Tubun yang masih dalam proses pengerjaan di kawasan Tanah Abang, Jakarta. Foto: MI/Arya Manggala.
Kondisi Rusun KS Tubun yang masih dalam proses pengerjaan di kawasan Tanah Abang, Jakarta. Foto: MI/Arya Manggala.

524 Unit Rusun KS Tubun Siap Dihuni

Nasional rusun
Nur Azizah • 24 Juni 2019 12:45
Jakarta: Sebanyak 524 unit di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) KS Tubun, Jakarta Barat, siap dihuni. Rusunawa KS Tubun akan dibuka per Agustus 2019.
 
"Kita lagi mengusulkan kepada Pak Gubernur (Anies Baswedan) akan meminta jadwal Beliau karena kan berbarengan dengan peresmian bangunan bersama-sama secara seremonial," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Peran Serta Masyarakat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Melly Budiastuti saat dihubungi, Jakarta, Senin, 24 Juni 2019.
 
Saat ini pihaknya masih memverifikasi pemohon unit Rusunawa KS Tubun. Pihaknya mengecek apakah pemohon memiliki hunian, kendaraan roda empat, dan warga DKI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita lakukan verifikasi ke Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) dan BPRD (Badan Pajak dan Retribusi Daerah) mengenai persyaratan itu. Setelah itu kita lakukan pengundian dan Agustus langsung serah terima kunci," ucap dia.
 
Sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 55 Tahun 2018 juncto Pergub Nomor 29 Tahun 2019, rusun itu diprioritaskan bagi masyarakat umum. Pergub itu menyebutkan tarif sewa khusus masyarakat berpenghasilan Rp4,5 hingga Rp7 juta per bulan sebesar Rp1,5 juta.
 
Baca: Pembangunan Rusun Dekat Stasiun Awal Pengembangan TOD
 
Tarif itu belum termasuk tagihan pemakaian listrik dan air. Sementara itu, tarif untuk warga terprogram dengan penghasilan Rp2,5 hingga Rp4,5 juta per bulan dikenakan Rp765 per bulan.
 
Selain KS Tubun, Dinas PRKP juga akan membuka beberapa rusunawa lainnya. Rusun itu meliputi Pangadengan, Tegal Alur, Balai Latihan Kerja (BLK) Pasar Rebo, Nagrak, Rorotan, Semper, Rawa Buaya, Pulogebang, Penggilingan, dan Rawa Bebek.
 
"Terhadap 12 lokasi rusun yang sudah ada pemohon dan yang sudah lolos verifikasi akan dilakukan pengundian dan penghunian secara serentak semuanya," pungkas dia.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif