Pelatihan dari PT Pangansari Utama Food Resources (PUFR) di Jakarta, Kamis, 11 Juni 2020. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Pelatihan dari PT Pangansari Utama Food Resources (PUFR) di Jakarta, Kamis, 11 Juni 2020. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Pelatihan Kewirausahaan PT Pangansari Jadi Percontohan

Nasional Virus Korona industri kecil menengah
Kautsar Widya Prabowo • 11 Juni 2020 18:00
Jakarta: Pelatihan pembuatan makanan dan minuman dari PT Pangansari Utama Food Resources (PUFR) menjadi percontohan dalam memberdayakan usaha kecil menengah (UKM) di wilayah Jakarta Timur. Setidaknya, ada 200 peserta yang mengikuti pelatihan tersebut secara daring. 
 
"Ini pelatihan kolaborasi pertama. Ini bisa menjadi percontohan suku dinas lain," kata staf Industri Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) Jakarta Timur, Berman Parluhuta, kepada Medcom.id, di Kompleks Perkantoran PT PUFR, Jalan Poncol Nomor 24, Ciracas, Jakarta Timur, Kamis, 11 Juni 2020.
 
Menurut dia, PT PUFR telah memberikan terobosan baru dengan pelatihan secara daring. Pelatihan tersebut meringankan beban Pemerintah Administrasi Jakarta Timur dalam mengakomodasi warganya yang terdampak virus korona (covid-19) pada sektor ekonomi. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan kondisi saat ini kita tidak dapat menggunakan anggaran (untuk pelatihan). Makanya kita mencari perusahaan yang mau berkolaborasi," tutur dia. 
 
Untuk itu, Sudin PPKUKM mendorong keterlibatan perusahaan swasta lain dalam membantu perekonomian masyarakat melalui pelatihan keweirausahaan. Dengan begitu, pandemi covid-19 tidak menghalangi pelaku UKM berkembang dan berinovasi. 
 
Baca: Industri Kecil DKI Didesak Melek Teknologi
 
Pelatihan kewirausahaan tidak terhenti pada praktik pembuatan produk. Pemerintah akan mengawal warganya untuk dapat memiliki produk sendiri hingga tahap perizinan. 
 
"Ada tujuh P, pendaftaran, pelatihan, pendampingan izin halal dan merek dagang, perizinan, pemasaran online, pelaporan keuangan, dan tahap terkahir permodalan," jelas Berman. 
 
PT PUFR bersama Suku Dinas PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur menyelenggarakan pelatihan membuat makanan dan minuman secara daring. Kegiatan tersebut menjadi solusi bagi masyarakat terdampak covid-19 pada sektor ekonomi.
 
Corporate Secretary PT PUFR Samesto Nitisastro menjelaskan pelatihan ini melibatkan 200 peserta di 10 kecamatan se-Jakarta Timur. PT PUFR memberikan bahan makanan kepada setiap peserta untuk diracik di kediamannya masing-masing.
 
"Ini menjadi suatu yang bermanfaat dan bagi kami PT Pangansari Food Resources yang masuk kelompok Media Group menjadi kontribusi kepada masyarakat," kata Samesto dalam sambutannya di Kompleks Perkantoran PT PUFR.
 
Peserta diberikan resep yang mudah dipraktikkan yaitu membuat ayam geprek mozarella dan risol kekinian dengan arahan juru masak berkualitas mumpuni dalam dunia kuliner. Kedua jenis masakan tersebut dipastikan memiliki nilai jual yang tinggi.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif