Ilustrasi. Foto: Antara/Budi Mulya
Ilustrasi. Foto: Antara/Budi Mulya

DKI Integrasikan Akte Kelahiran di RSUD

Nasional pelayanan kependudukan
Intan fauzi • 03 Juni 2016 11:32
medcom.id, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengintegrasikan pelayanan pembuatan akte kelahiran dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Warga Jakarta yang melahirkan di RSUD anaknya akan langsung mendapat akte kelahiran.
 
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Edison Sianturi mengatakan, ada lima RSUD yang menjadi percontohan layanan langsung pembuatan akte lahir.
 
"‎Ketika si anak lahir dan keluarga memberi nama, langsung diinput datanya ke sistem. Nanti petugas mobile kita akan mengantarkan langsung akte kelahiran ke rumah sakit," kata Edison seperti dikutip situs resmi Pemprov DKI, Beritajakarta.com, Jumat (3/6/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


DKI Integrasikan Akte Kelahiran di RSUD
 
Menurut Edison, dengan layanan ini akte lahir anak bisa selesai dibuat dalam waktu 5-8 jam setelah kelahiran. Namun saat ini sistem tersebut baru diterapkan di RSUD Koja, Jakarta Utara.
 
"Dalam waktu dekat juga diaplikasikan di RSUD Cengkareng, RSUD Pasar Minggu, RSUD Budhi Asih, RSUD Tarakan, dan nantinya seluruh rumah sakit se-DKI Jakarta," ujarnya.
 
Edison mengatakan, percepatan layanan ini merupakan perintah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Tujuannya, anak yang baru lahir langsung tercatat ke dalam sistem kependudukan dan memiliki nomor induk kependudukan (NIK).
 
"Jadi saat keluarganya kembali dari rumah sakit sudah membawa akte kelahiran. Seluruh anak yang baru lahir sudah tercatat disistem kependudukan," katanya.
 
Selain itu, sistem ini diharapkan dapat menghilangkan pungutan liar yang dilakukan calo. Edison menjamin tidak ada biaya tambahan dalam pembuatan akte kelahiran ini. “Akte kelahiran itu gratis. Tidak ada pungutan biaya,” ujarnya
 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif