Ketua GP NasDem DPW DKI Jakarta Nova Harivan Paloh/Media Indonesia
Ketua GP NasDem DPW DKI Jakarta Nova Harivan Paloh/Media Indonesia

Berikan Pelatihan Tanggap Bencana, GP NasDem: Warga Mesti Waspada

Putra Ananda • 26 Maret 2022 20:35
Jakarta: Garda Pemuda (GP) NasDem DKI memberikan pelatihan tanggap bencana mengantisipasi banjir. Ketua GP NasDem DPW DKI Jakarta Nova Harivan Paloh mengatakan pelatihan ini untuk meningkatkan kewaspadaan warga DKI.
 
"Kita harus akui Jakarta masih rawan banjir. Oleh karena itu penting bagi para warga khususnya pemuda untuk siaga dan mengerti quick respon ketika terjadi banjir terutama ketika petugas belum tiba ke lokasi," ungkap Nova di Jakarta, Sabtu, 26 Maret 2022.
 
Baca: Takut Melanggar Hukum, DKI Hati-hati Mengambil Kebijakan Normalisasi Sungai

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pelatihan diberikan kepada pemuda yang tergabung dalam Sawung Komunitas Peduli Ciliwung Pejaten Timur, Jakarta Selatan. Acara yang diinisasi GP NasDem terselenggara berkat kerja sama dari berbagai pihak, mulai dari DPW NasDem DKI Jakarta, hingga Dinas Sumber Daya Air DKI. 
 
"Kolaborasi buat tanggap bencana, melatih pemuda-pemuda karang taruna tentang bagaimana pelatihan ilmu kesiagaan seperti cara mengoperasikan perahu karet dan evakuasi warga," kata Nova.
 
Menurut dia, pengetahuan quick respon dapat menjadi solusi keterbatasan petugas. Sebab, pemuda yang dilatih dapat mencari solusi dan melakukan respons cepat bencana banjir.
 
"Diharapkan pemuda bisa langsung terjun langsung karena setiap RT RW pasti punya karang taruna," kata Nova.
 
Di sisi lain, anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta ini menjelaskan Pemprov DKI Jakarta perlu mengalokasikan anggaran penambahan perahu karet untuk setiap kelurahan. Hal tersebut dilakukan agar setiap kelurahan mampu melakukan quick respon secara mandiri apabila petugas belum tiba di lokasi bencana.
 
"Kalau covid sudah melandai, penambahan perahu karet untuk tiap kelurahan perlu dibicarakan.
 
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pelaksana BPBD Isnawa Adji mengapresiasi langkah GP NasDem yang berinisiatif melakukan pelatihan kepada para pemuda untuk tanggap bencana. Pelatihan pemuda yang diadakan oleh GP NasDem dinilai penting utnuk penanganan awal apabila terjadi bencana.
 
"Ya Saya dari BPBD DKI Jakarta tentunya sangat apresiasi dan luar biasa bahwa Nasdem telah mempersiapkan pemuda tanggap bencana ini sangat penting karena tentunya pada saat penanganan awal," jelas Isnawa.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif