Maket Jakarta International Stadium (Dok. JakPro)
Maket Jakarta International Stadium (Dok. JakPro)

Dewan Cium Lelang Jakarta International Stadium Janggal

Nasional stadion bmw
Nur Azizah • 11 September 2019 16:58
Jakarta: Ketua Fraksi PDI Perjuangan Gembong Warsono menyebut pihaknya mencium lelang
pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS) janggal sejak awal. Partai tak setuju pembangunan diserahkan pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).
 
"Pasti ada yang janggal. Kejanggalan di mana? Ini persoalan kita akhirnya kembali pada pembahasan awal waktu anggaran," kata Gembong di DPRD DKI Jakarta, Rabu, 11 September 2019.
 
Gembong mengungkapkan saat pembahasan anggaran partainya tak sepakat proyek pembangunan JIS diserahkan ke PT Jakarta Propertindo (Jakpro). DPRD DKI tak bisa mengawasi pembangunan yang dilakukan Jakpro.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena begitu diserahkan ke Jakpro tangan kita (DPRD) sudah terbatas. Tangan DPRD enggak sampai di sana karena itu aset yang dipisahkan," ungkap Gembong.
 
Gembong meminta dilakukan lelang ulang. Namun, lelang tak boleh menghambat pekerjaan.
 
"Tetep percepatan kita butuhkan, tapi enggak boleh nabrak aturan," tegas dia.
 
Konsorsium Adhi Karya-Hutama Karya-Nindya Karya-Indah Karya memprotes lelang proyek pembangunan JIS. PT Jakpro memilih konsorsium Wijaya Karya (Wika) Gedung-Jaya Konstruksi-PT Pembangunan Perumahan (PP) sebagai pemenang lelang.
 
Penawaran harga kerja sama operasi (KSO) Adhi Karya-Hutama Karya-Nindya Karya-Indah Karya lebih murah dibandingkan KSO Wika Gedung-Jaya Konstruksi-PP. KSO Adhi Karya-Hutama Karya-Nindya Karya-Indah Karya menawarkan harga Rp3,78 triliun, sementara penawaran harga KSO Wika Gedung-Jaya Konstruksi-PP Rp 4,08 triliun.
 
Konsorsium Adhi Karya-Hutama Karya-Nindya Karya-Indah Karya juga keberatan dengan posisi Wika Gedung sebagai perusahaan pemimpin proyek. Wika Gedung tidak termasuk perusahaan yang diundang untuk mengikuti lelang.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif