Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

4 Provinsi Sukses Mengeliminasi Malaria

Nasional DKI Jakarta malaria kemenkes NTT
Theofilus Ifan Sucipto • 24 April 2022 09:41
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan empat provinsi sukses mengeliminasi malaria. Hal tersebut berdasarkan capaian endemisitas per provinsi pada 2021.
 
“Empat provinsi itu, yaitu DKI Jakarta, Jawa Timur, Bali, dan Banten. Seluruh kabupaten/kota mencapai eliminasi malaria,” kata Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Tiffany Tiara Pakasi dalam keterangan tertulis, Minggu, 24 April 2022.
 
Baca: Titik Nol IKN, Sepaku, Tempat Kemah Jokowi Ternyata Daerah Endemik Malaria

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tiffany mengatakan sejumlah provinsi di timur Indonesia lebih dulu mengeliminasi malaria pada 2020. Provinsi tersebut ialah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diwakili Kota Kupang, Kabupaten Manggarai, dan Kabupaten Manggarai Timur.
 
“Provinsi lainnya, yakni Maluku Utara yang dimulai dengan keberhasilan Kota Tidore Kepulauan,” jelas dia.
 
Sementara itu, masih ada provinsi yang belum mengeliminasi malaria sama sekali. Contohnya Papua, Papua Barat, dan Maluku.
 
“Tetap upayakan pencegahan dan pengendalian malaria sehingga bisa bertahap turun menjadi endemik sedang dan mengeliminasi,” papar Tiffany.
 
Tiffany menyebut upaya lainnya ialah memaksimalkan pengobatan pada pasien malaria. Pengobatan bisa menggunakan terapi berbasis artemisinin setelah konfirmasi laboratorium.
 
“Kemudian selain membunuh nyamuknya, benahi juga lingkungannya supaya tidak nyaman menjadi tempat perindukan nyamuk,” ujar dia.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif