Pencari suaka mendapatkan pemeriksaan kesehatan dari petugas Puskesmas di gedung eks Kodim, Kalideres, Jakarta Barat. (Foto: Medcom.id/Cindy)
Pencari suaka mendapatkan pemeriksaan kesehatan dari petugas Puskesmas di gedung eks Kodim, Kalideres, Jakarta Barat. (Foto: Medcom.id/Cindy)

Pencari Suaka di Kalideres Mencapai 1.100 Orang

Nasional pencari suaka
Nur Azizah • 12 Juli 2019 12:52
Jakarta: Jumlah pencari suaka di Kalideres, Jakarta Barat, terus bertambah. Data terakhir menunjukkan 1.100 orang terdaftar sebagai pencari suaka dari berbagai negara.
 
Kepala Dinas Sosial DKI Irmansyah mengatakan pencari suaka terus berdatangan ke gedung eks Kodim, Kalideres, sejak semalam. Beberapa dari mereka bahkan datang menumpang kendaraan pribadi.
 
"Semalam saat dikroscek sekitar 998 orang. Tapi bertambah hingga 1.100-an orang. Mereka datang pakai kendaraan sendiri dan kemungkinan bukan dari Kebon Sirih. Kalau Kebon Sirih kan cuma 300 orang," kata Irmansyah, di Jakarta, Jumat, 12 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Perang Memaksa Sajad Mencari Suaka Hingga ke Indonesia
 
Irmansyah mengaku tak bisa membendung kedatangan para pencari suaka. Dia juga tak mungkin mengusir pencari suaka yang datang.
 
"Kita enggak bisa antisipasi. Masa orang datang kita tolak?! Ya seharusnya United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) yang aktif buat itu," ujar dia.
 
Kemarin, sebanyak 300 pencari suaka dipindah dari atas trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, ke lahan eks Kodim, Kalideres, Jakarta Barat. Mereka dilarang kembali tidur di atas trotoar, terutama di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.
 
Mereka dipindahkan dengan menggunakan tujuh bus dan dua mobil Dinas Perhubungan. Pemprov DKI Jakarta hanya akan menanggung mereka selama satu minggu.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif