Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus - Medcom.id Faisal Abdalla
Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus - Medcom.id Faisal Abdalla

Pj Gubernur DKI Memiliki Sejumlah Tugas Berat

Kautsar Widya Prabowo • 16 September 2022 01:39

Jakarta: Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengatakan penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta sudah ditunggu sejumlah tugas berat. Di antaranya mengantarkan DKI Jakarta menuju masa pensiun sebagai ibu kota

"Jangan lupa salah satu tugas penting yang mestinya harus dijelaskan adalah penjabat DKI ini punya tugas mengantarkan Jakarta menuju masa pensiunnya jadi ibu kota negara," ujar Lucius dalam diskusi yang digelar Formappi, di Jakarta, Kamis, 15 September 2022.

Lucius menerangkan Pj Gubernur DKI memiliki tanggung jawab memikirkan regulasi Jakarta setelah ibu kota pindah ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pasalnya, pemindahan ibu kota akan dilakukan pada 2023-2024.

"Siapa yang punya tanggung jawab untuk memberikan masukan membuat undang-undang baru terkait Jakarta ini? Sedangkan namanya bukan ibu kota lagi, karena ibu kotanya sudah pindah," terang dia. 

Regulasi itu harus menjadi tanggung jawab Pj Gubernur DKI yang akan menjabat selama dua tahun. "Ini mungkin yang akan menjadi satu tugas yang hampir pasti akan melibatkan Pj atau penjabat kepala daerah," jelas dia.

Baca: Pj Gubernur DKI Harus Dapat Menjaga Jakarta Tetap Kondusif hingga Pemilu 2024


Sebanyak tiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta usulan DPRD telah diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Mereka ialah Kepala Sekretriat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali, dan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri Bahtiar.
 
Sedangkan, tiga nama dari Kemendagri masih digodok. Keenam nama calon Pj Gubernur Jakarta itu akan diserahkan ke Presiden Jokowi untuk diputuskan. 


 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif