Koordinator Komite Tepi Jerry Sumampow - Medcom.id/Kautsar Widya
Koordinator Komite Tepi Jerry Sumampow - Medcom.id/Kautsar Widya

Pj Gubernur DKI Harus Dapat Menjaga Jakarta Tetap Kondusif hingga Pemilu 2024

Kautsar Widya Prabowo • 15 September 2022 21:18
Jakarta: Koordinator Komite Pemilih Indonesia (Tepi) Indonesia Jerry Sumampow membeberkan beberapa kriteria sosok yang pantas menjadi penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. Salah satunya, harus dipastikan Pj Gubernur Jakarta dapat menjaga kondisi Ibu Kota tetap kondusif menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 
 
"Saya kira ini penting untuk bangun konsolidasi masyarakat di samping menghalangi opini yang berkembang yang akan membuat masyarakat terbelah, jadi kita butuh figur seperti itu," ujar Jeirry dalam acara diskusi yang digelar Formappi, Kamis, 15 September 2022. 
 
Jeirry menegaskan sosok tersebut juga harus dipastikan tidak terlibat dalam politik praktis. Sehingga, Pj Gubernur Jakarta dapat bersikap netral. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan kriteria tersebut sangat menentukan kondisi Jakarta sebagai barometer politik nasional. Segala isu perpolitikan yang beredar dapat menentukan opini masyarakat luas.
 
"Pertimbangan yang penting, DKI Jakarta punya posisi strategis, ibu kota dan pembentuk opini politik nasional. Apa yang terjadi di DKI akan dikonsumsi dan berpengaruh pada politik keseluruhan," beber dia.
 
Dia berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan menentukan sosok pengganti Anies Baswedan dapat mempertimbangkan kriteria tersebut. Pasalnya, meski hanya memimpin sementara, sosok Pj Gubernur Jakarta juga berpengaruh ke masyarakat Tanah Air. 
 
"Di sinilah pentingnya Jakarta menentukan. Presiden menentukan pemimpin peralihan untuk DKI Jakarta, orang yang tidak berada di kubu kanan dan kubu kiri," terang dia.
 

Baca: Jokowi Bakal Pimpin Tim Penilai Tentukan Pengganti Anies


Sebanyak tiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta usulan DPRD telah diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Mereka ialah, Kepala Sekretriat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali, dan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri Bahtiar. 
 
Sedangkan, tiga nama dari Kemendagri masih digodok. Keenam nama calon Pj Gubernur Jakarta itu akan diserahkan ke Presiden Jokowi untuk diputuskan. 
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif