Dinas SDA DKI Optimistis Serap 80% APBD
Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Teguh Hendarwan. Foto: Medcom.id/Intan
Jakarta: Penyerapan anggaran Dinas Sumber Daya Air masih 30 persen dari total anggaran Rp4,5 triliun. Meski waktu pengguna APBD tinggal sebulan, Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Teguh Hendarwan masih optimistis bisa menyerap 80 persen.

"Anggaran di kami itu kan Rp4,5 triliun dan memang baru Rp30 persen. Tapi kita on progress karena kemarin minggu lalu saya ditargetkan paling enggak minimum 80 persen. Mudah-mudahan terkejar," kata Teguh di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 15 November 2018.

Teguh menyampaikan kendala penyerapan masih sama seperti tahun lalu, yakni pembebasan lahan. Pasalnya, penggunaan anggaran di Dinas SDA paling besar untuk membeli lahan.


"Saya dilantik jadi kepala dinas pada 3 Desember 2015. Waktu itu penyerapannya baru 7,58  persen dan memang penyumbang terbesar itu lahan. Tapi bisa mengejar penyerapan hingga 60 persen di sisa waktu 22 hari," ujar dia.

Baca: Anies: Serapan Anggaran DKI Tinggi Dibanding Tahun Lalu

Teguh menyampaikan, pihaknya juga sempat terkendala saat perombakan jabatan di tubuh Dinas SDA pada Mei lalu. Hal ini menyebabkan realisasi pembayaran lahan masih 0 persen.

"Mei 2018 sudah merealisasi Rp300 miliar. Tapi karena kemarin pelantikan pejabat baru jadi belum dibayar, masih 0 persen. Sisa satu bulan setengah bisa kami genjot. Insyaallah bisa dikejar maksimal," ungkapnya.

Target penyerapan dapat dikejar melalui pembebasan lahan senilai Rp1,3 triliun dan pembangunan national capital integrated coastal development (NCICD) di Jakarta Utara.

"Untuk pembebasan lahan kita fokus di tiga lokasi, yakni Pesanggrahan, Sunter, dan Ciliwung," ungkapnya.

Ia berharap pembebasan lahan berjalan lancar agar progam strategis nasional bisa dikerjakan maksimal. Selain pembebasan lahan, Dinas SDA juga akan membangun sejumlah kali dan waduk.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id