Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Vaksin HPV Lebih Efektif Diberikan pada Anak

Nasional kanker serviks kemenkes Vaksin HPV
Atalya Puspa • 22 April 2022 11:54
Jakarta: Pemerintah terus memberikan vaksinasi Human Papillomavirus Vaksin (HPV) pada anak sekolah dalam program bulan imunisasi anak sekolah (BIAS). Upaya itu untuk mencapai target penurunan angka kanker leher rahim atau kanker serviks pada 2030,
 
Anggota Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cissy Kartasasmita menyambut baik aksi pemerintah tersebut. Cissy menerangkan vaksin HPV memang seharusnya mulai diberikan pada anak yang berusia 9 tahun.
 
"Vaksin itu memang harus sebelum ada aktivitas seksual karena menghambat masuknya virus HP ke genital," kata Cissy dilansir Media Indonesia, Jumat, 22 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cissy mengatakan vaksin HPV yang diberikan pada anak perempuan dapat melindungi dari kanker serviks yang mungkin muncul bertahun-tahun kemudian. "Kalau diberikan pada dewasa, apalagi sudah menikah, kemungkinan virus sudah masuk ke epitel vagina meski enggak ada gejala," beber dia.
 
Baca: Wajib dan Gratis! Menkes Pastikan agar Masyarakat Terima Vaksin Kanker Serviks
 
Pemberian vaksin HPV pada anak akan lebih mudah. Yaitu untuk anak 9-14 tahun, cukup divaksin sebanyak 2 kali dan anak di atas 15 tahun sebanyak 3 kali.
 
"Kalau dewasa ingin vaksin kan harus memeriksakan vaginal swab sebelumnya," imbuh dia.
 
Sebelumnya, Kepala Bagian Hukum, Organisasi dan Hubungan Masyarakat, Ditjen P2P, Kementerian Kesehatan Iqbal Djakaria mengatakan program imunisasi HPV sudah dilaksanakan oleh pemerintah. Selain itu, memasifkan program pencegahan kanker serviks dengan deteksi dini.
 
"Pemberian imunisasi pada anak perempuan usia kelas 5 untuk proses pertama dan kelas 6 untuk dosis kedua untuk sekolah SD/Madrasah sederajat," kata Iqbal.
 
 
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif