Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Polda Metro Ingatkan Tilang Pelanggaran Ganjil Genap Sudah Kembali Berlaku

Nasional lalu lintas DKI Jakarta Pelanggaran Lalu Lintas sistem ganjil genap Polda Metro Jaya
Antara • 11 Mei 2022 03:21
Jakarta: Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengingatkan warga Jakarta terkait penindakan tilang terhadap pelanggaran ganjil genap. Sanksi tilang kembali berlaku sejak Senin, 9 Mei 2022.
 
"Setelah hari libur berakhir kita sudah aktifkan ganjil genap full, baik penindakan secara e-TLE maupun manual," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Selasa, 10 Mei 2022.
 
Sambodo mengatakan penindakan dalam bentuk tilang terhadap pelanggaran ganjil genap diberlakukan sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta. Dalam pergub itu disebutkan ganjil genap tidak berlaku pada Sabtu, Minggu, dan libur nasional. Sehingga, setelah libur lebaran berakhir tilang terhadap pelanggaran ganjil genap kembali berlaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pergubnya jelas gage tidak berlaku saat libur nasional dan Sabtu Minggu," ujarnya.
 
Baca: Polda Metro Jaya Panggil Persatuan Sepatu Roda DKI
 
Sambodo mengakui angka angka pelanggaran dalam dua hari pertama pemberlakuan tilang ganjil genap tidak bisa dijadikan bahan evaluasi. Evaluasi akan dilakukan setelah peraturan itu berlaku sepekan.
 
"Kita tidak bisa mengevaluasi satu, dua hari. Seminggu ini Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya akan melihat seberapa besar pelanggaran terkait ganjil genap," ujarnya.
 
Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat kenaikan volume kendaraan setelah berakhirnya musim libur Lebaran 2022 yang berimbas terjadinya kepadatan arus lalu lintas di beberapa ruas jalan di Jakarta. Terutama pada jam sibuk pagi dan sore hari.
 
Data Ditlantas Polda Metro Jaya juga menunjukkan hampir semua kendaraan yang meninggalkan Jakarta untuk mudik ke kampung halaman telah kembali ke Ibu Kota. "Data menunjukkan hampir semua pemudik sudah kembali ke Jakarta," kata Sambodo.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif