Rombongan pesepatu roda di Jalan Gatot Subroto. Foto: Dok Medcom.id
Rombongan pesepatu roda di Jalan Gatot Subroto. Foto: Dok Medcom.id

Polda Metro Jaya Panggil Persatuan Sepatu Roda DKI

Nasional polisi Pelanggaran Lalu Lintas Penegakan Hukum Polda Metro Jaya sepatu roda
Putri Anisa Yuliani • 10 Mei 2022 18:16
Jakarta: Ketua Persatuan Olahraga Sepatu Roda Indonesia (Perserosi) DKI Jakarta Muhammad Sal mendatangi Polda Metro Jaya hari ini. Ical, sapaannya, dimintai keterangan terkait aktivitas rombongan atlet sepatu roda yang berlatih di tengah Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Minggu, 8 Mei 2022.
 
Ical menegaskan pihaknya sudah meminta maaf atas insiden yang terjadi. Ia pun mendapatkan bimbingan dan arahan dari Polda Metro Jaya sehubungan dengan aktivitas di jalan raya tersebut.
 
"Sebenarnya kami sudah banyak dapat arahan dari bapak-bapak terhormat ini dan bimbingan disampaikan kami akan taati," kata Ical, Selasa, 10 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perserosi meminta maaf atas kejadian tersebut. Ical berjanji kejadian serupa tak berulang.
 
"Kami juga mohon maaf karena sudah banyak pelajaran-pelajaran yang kami terima dan kami tidak akan ulangi lagi kami akan buat pernyataan dan BAP (berita acara pemeriksaan) dan serahkan pertanggungjawaban itu," ucap dia.
 
Ical juga berjanji pihaknya akan memberikan edukasi tentang keselamatan jalan termasuk yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan kepada para atlet maupun anggota klub.
 
Sebelumnya, pengguna Twitter @mazzini_gsp dan @pativ7 mengkritisi adanya beberapa pesepatu roda yang melintas di Jalan Gatot Subroto dan menggunakan jalur di tengah jalan. Sehingga, rawan berkonflik dengan pengguna kendaraan bermotor. 
 
Terdapat pula video rekaman peristiwa tersebut yang diunggah oleh akun Twitter @pativ7 pada 8 Mei 2022 pukul 09.01.
 
Baca: Pesepatu Roda Melintas di Jalan Protokol Disebut Membahayakan Pengendara Lain
 
Dalam video berdurasi 44 detik itu beberapa pesepatu roda yang menggunakan atribut helem dan baju olahraga terlihat memacu sepatu roda dengan kecepatan yang cukup tinggi di jalur kedua dan ketiga dari trotoar atau berada di jalur tengah. Bahkan, mereka sempat menyalip kendaraan bermotor roda dua di depannya. 
 
Beberapa pengendara motor pun terlihat mengalah dan mengurangi kecepatan agar tidak menabrak para pesepatu roda tersebut. Dalam video juga terlihat para pengendara sepeda yang dalam saat bersamaan tetap disiplin melaju di jalur paling kiri Jalan Gatot Subroto. 
 
Video yang sudah ditonton lebih dari 340 ribu kali itu pun menuai kritik pedas dari warganet. Para warganet di Twitter menumpahkan kekesalannya atas arogansi para pesepatu roda yang melaju di tengah jalan bersamaan dengan pengguna kendaraan bermotor. 
 
Kejadian itu dianggap membahayakan diri sendiri dan pengguna kendaraan lainnya. Para warganet pun menyayangkan para pesepatu roda yang tidak menggunakan fasilitas yang sudah ada.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif