Gedung DPRD DKI Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani
Gedung DPRD DKI Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani

Cara Panlih Cegah Korona di Pemilihan Wagub DKI

Nasional Pengganti Sandiaga Uno
Cindy • 26 Maret 2020 14:31
Jakarta: Panitia Pemilihan Wagub (Panlih Wagub) DKI Jakarta telah menyiapkan protokol pencegahan penyebaran virus korona (covid-19) saat rapat paripurna pemilihan wagub. Protokol ini sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan DKI.
 
“Pertama, lama maksimal paripurna hanya dua jam. Jadi kami harus sederhanakan kembali rangkaian tersebut yang awalnya berjam-jam (jadi) maksimal 2 jam,” kata Ketua Panitia Pemilihan Wagub DKI Farazandi Fidinansyah di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Menurut dia, rangkaian acara dibagi menjadi dua untuk mengakali pemangkasan waktu rapat paripurna. Nantinya, penyampaian visi, misi, dan tanya jawab diselenggarakan dengan sistem daring.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jadi nanti pas paripurna itu fokusnya hanya kepada pemungutan dan perhitungan suara,” sambung dia.
 
Protokol pencegahan korona lainnya yakni pemeriksaan suhu tubuh legislator DKI sebelum masuk hingga sterilisasi ruang rapat paripurna. Panlih juga menyediakan masker, sarung tangan, dan cairan pencuci tangan (hand sanitizer).
 
Farazandi menegaskan Panlih tetap bekerja mengikuti tata tertib pemilihan wagub DKI. Namun, penyesuaian diperlukan untuk mengantisipasi covid-19.
 
Dia meminta legislator DKI yang kurang sehat untuk memeriksakan diri sebelum pemilihan wagub, Senin, 6 April 2020. Panlih, kata dia, telah memegang data anggota DPRD DKI yang sudah memeriksakan diri.
 
Cara Panlih Cegah Korona di Pemilihan Wagub DKI
Ketua Panitia Pemilihan Wagub DKI Farazandi Fidinansyah. Foto: MI/Insi Nantika Jelita
 
Baca: Pemilihan Wagub DKI Digelar 6 April
 
“Jadi nanti tidak ada alasan lagi mereka tidak mau datang karena khawatir (kena virus korona). Kita akan bantu memfasilitasi anggota dewan yang memiliki hak suara,” ucap putra mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin itu.
 
Kursi wagub DKI kosong sejak Agustus 2018. Jabatan wagub ditanggalkan Sandiaga Uno yang mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Ada dua kandidat yang berebut kursi DKI 2, yakni Ahmad Riza Patria dari Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif