Ilustrasi trotoar di Cikini. Foto: MI/Adi Maulana Ibrahim
Ilustrasi trotoar di Cikini. Foto: MI/Adi Maulana Ibrahim

Anggaran Revitalisasi Trotoar Dipangkas Rp204 Miliar

Nasional trotoar
Sri Yanti Nainggolan • 12 November 2019 18:47
Jakarta: Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengungkapkan anggaran penataan trotoar pada APBD 2020 disepakati Rp996 miliar. Anggaran mengalami efisiensi.
 
"Anggaran trotoar (awalnya) Rp1,2 triliun, karena ada efisiensi dikurangi Rp204 miliar," kata Hari usai rapat Komisi D di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa, 12 November 2019.
 
Hari menjelaskan dana paket satu yaitu pembangunan di Jalan Letjen Suprapto dan Jalan Kebon Sirih berkurang Rp152,4 miliar. Kemudian, paket dua pembangunan di Jalan Balap Sepeda dan Jalan KH Hasyim Ashari dikurangi Rp51,6 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan panjang trotoar akan berkurang dari 103 kilometer menjadi 95 kilometer. Lebar trotoar juga bakal dikurangi.
 
Hari menyebut dana revitalisasi trotoar Rp1,2 triliun mulanya buat menciptakan konsep complete street termasuk utilitas, ubin pemandu, lampu jalan, bangku taman, dan lain-lain.
 
Ketua Komisi D DPRD Ida Mahmudah menilai dana revitalisasi trotoar terlalu besar. Ia ingin anggaran dikurangi.
 
"Jadi kemungkinan besar masih ada pengurangan yang tidak dibutuhkan, ya nanti kita coret," kata dia usai meninjau trotoar Jalan Cikini, Selasa, 12 November 2019.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif