Detergen yang dipakai pengusaha penatu - Medcom.id/Muhammad Al Hasan.
Detergen yang dipakai pengusaha penatu - Medcom.id/Muhammad Al Hasan.

Pengusaha Penatu Pakai Detergen Buatan Sendiri

Nasional pemprov dki pencemaran sungai
Muhammad Al Hasan • 05 Januari 2019 16:09
Jakarta: Pengusaha penatu di kawasan Kali Sentiong, Sunter, Jakarta Utara mengaku menggunakan detergen buatan sendiri. Mereka tidak membeli detergen yang dijual di pasaran.
 
"Laundry kiloan kalau yang dipakai rumahan itu mahal. Ya kita mikir juga dong kan gak mungkin kita beli sabun cuci lebih mahal dari penghasilan, ini kan cari yang murah, bersih, aman," kata pengusaha penatu Mala, ditemui di kiosnya, Sunter, Jakarta Utara, Sabtu, 5 Januari 2018.
 
Mala selama ini menggunakan detergen yang ia beli secara daring. Ia mengaku tidak tahu detergen yang dipakai sesuai standar pemerintah atau tidak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Senada, Nita 35, mengaku tidak menggunakan detergen yang dijual di pasaran. Dia mendapat detergen dari komunitas penatu yang ia ikuti.
 
Ia mengklaim detergen yang dipakai bagus dan ramah lingkungan. "Kita kan ikut standar komunitas yang ada, ngikutin produk-produk yang bagus lah ya," tutur dia.
 
(Baca juga:Pengusaha Penatu Bantah Sumbang Busa di Kali Sentiong)
 
Baik Mala dan Nita pasrah kalau nantinya harus mengganti detergen untuk mengurangi busa yang kerap ada di Kali Sentiong. Namun, mereka meminta supaya harga detergen tidak mahal.
 
"Kita ikut saja yang penting nggak mahal terjangkau sama kita. Kalau mahal ya gimana kita (harga laundry) Rp5000/kilo," imbuh Nita.
 
Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji akan mengusahakan peraturan penggunaan sabun detergen bagi pengusaha penatu di ibu kota ke Kementerian Perdagangan. Pasalnya, menurut dia, peredaran detergen yang keras memengaruhi kualitas lingkungan di DKI Jakarta.
 
"Kemungkinan kita akan konsultasi ke Kementerian Perdagangan. Kita ingin tahu jenis-jenis hard detergen ini bagaimana. Bisa nggak khusus untuk Jakarta akan ada soft detergen," tutur dia.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif