Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani

Dinkes DKI Jakarta Diminta Gesit Menangani Hepatitis Akut

Nasional DKI Jakarta penyakit aneh penyakit menular kesehatan anak Hepatitis Akut
Theofilus Ifan Sucipto • 09 Mei 2022 18:50
Jakarta: Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta diminta gesit menindaklanjuti temuan hepatitis akut. Ini penting agar penyakit itu tidak kadung meluas di kelompok usia anak-anak.
 
"Kami mengimbau Dinkes DKI bergerak cepat memantau kondisi pasien di seluruh fasilitas kesehatan yang memiliki gejala hepatitis," kata Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino dalam keterangan tertulis, Senin, 9 Mei 2022.
 
Wibi mengatakan temuan tiga anak yang mengalami hepatitis akut adalah hal serius. Apalagi, ketiga anak tersebut akhirnya meninggal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Respons cepat sangat penting dalam mengantisipasi lonjakan kasus misterius ini sehingga tidak menimbulkan kepanikan," ujar dia.
 
Baca: IDAI: Hepatitis Akut dan Vaksin Covid-19 Tak Berkaitan
 
Selain itu, Wibi meminta Dinkes DKI mempersiapkan sarana dan prasarana dalam menghadapi hepatitis akut. Sosialisasi pola hidup sehat dan langkah pencegahan hepatitis akut mesti digencarkan.
 
"Libatkan pengurus tingkat wilayah seperti rukun tetangga/rukun warga (RT/RW) maupun kader pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK)," kata anggota Komisi C DPRD DKI itu.
 
Wiku juga mengajak masyarakat berpartisipasi dalam upaya preventif. Caranya dengan menjaga kebersihan dan memilih makanan yang bersih.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif